10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Struktur Lengkap

Icon CameraIqbal Widiarko
Jumat 25 November 2022 11:46 WIB
10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Struktur Lengkap
Contoh teks eksplanasi singkat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh teks eksplanasi singkat akan memberitahu pembaca bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. 

Penjelasan rinci dan logis pada teks eksplanasi menggambarkan tahapan dalam suatu proses, seperti fenomena siklus air atau cara kerja sebuah mesin.

Teks eksplanasi berusaha menjelaskan suatu topik kepada pembaca dengan menganalisis dan mengevaluasi informasi. Penulis juga perlu meneliti dan menafsirkan informasi daripada hanya melaporkannya saja. Mereka perlu membentuk pemahaman baru daripada sekadar memberikan fakta.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (25/11/2022), celebrities.id telah merangkum contoh teks eksplanasi singkat, seperti berikut.

Struktur Teks Eksplanasi Singkat

a. Pernyataan Umum

Bagian yang berisi pernyataan tentang sebuah topik yang akan dijelaskan proses keberadaannya dan proses terjadinya atau proses terbentuknya.

b. Urutan Sebab Akibat

Bagian yang berisi tentang detail penjelasan proses terjadinya suatu peristiwa yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai yang paling akhir.

c. Interpretasi

Bagian yang berisi tentang kesimpulan atau pernyataan terkait topik yang telah dijelaskan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

1. Fenomena Demonstrasi

  • Pernyataan Umum

Akhir-akhir ini demonstrasi kerap terjadi hampir setiap waktu dan terjadi di berbagai tempat. Bahkan, demonstrasi sudah menjadi fenomena yang lumrah di tengah-tengah masyarakat kita.

  • Urutan Sebab Akibat

Menanggapi fenomena tersebut, seorang kepala daerah menyatakan bahwa penyebab demonstrasi dan anarkisme tidak lain adalah faktor laparnya masyarakat. Lantas ia mencontohkan rakyat Malaysia dan Brunei yang adem ayem, lantaran kesejahteraan mereka terpenuhi maka demonstrasi di negara-negara itu jarang terjadi.

Tentu saja komentar tersebut menyulut reaksi para mahasiswa. Mereka memprotes dan meminta sang bupati mencabut kembali pernyataannya. Para mahasiswa tidak terima dan tidak merasa memiliki motif serendah itu. Mereka berpendirian bahwa demonstrasi yang biasa mereka lakukan murni untuk memperjuangkan kebenaran dan melawan kemungkaran yang terjadi di hadapan mereka. 

Demonstrasi massa tidak selalu disebabkan oleh urusan perut, bahkan banyak peristiwa yang sama sekali tidak didasari oleh motif itu. Dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, Abraham Maslow membaginya ke dalam beberapa tingkatan. Kebutuhan yang paling mendasar adalah makan dan minum. Sementara itu, yang paling puncak adalah kebutuhan akan aktualisasi diri.

Namun demikian, pada umumnya demonstrasi massa justru lebih didasari oleh kebutuhan tingkatan akhir itu. Masyarakat berdemonstrasi karena membutuhkan pengakuan dari pemerintah maupun pihak-pihak lain agar hak-hak dan eksistensi mereka diakui. Karena merasa dibiarkan, hak-haknya diingkari, bahkan dinistakan, kemudian mereka berusaha untuk menunjukkan jati dirinya dengan cara berdemonstrasi.

  • Interpretasi

Dengan fakta semacam itu, nyatalah bahwa kemiskinan bukanlah penyebab utama untuk terjadinya gelombang demonstrasi. Akan tetapi, fenomena tersebut lebih disebabkan oleh kemampuan berpikir kritis dari warga masyarakat. Mereka tahu akan hak-haknya, mengerti pula bahwa di sekitarnya telah terjadi pelanggaran dan kesewenang-wenangan. 

Mereka kemudian melakukan protes dan menyampaikan sejumlah tuntutan. Apabila faktor-faktor itu tidak ada di dalam diri mereka, apapun yang terjadi di sekitarnya, mereka akan seperti kerbau dicocok hidung: manggut-manggut dan berkata “ya” pada apapun tindakan dari pimpinannya meskipun menyimpang dan bahkan menzalimi mereka sendiri.

 

1
/
3