Contoh Teks Pidato untuk Memperingati Hari Guru 25 November

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 23 November 2022 11:08 WIB
Contoh Teks Pidato untuk Memperingati Hari Guru 25 November
Contoh teks pidato hari guru. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh teks pidato hari guru dapat menambah referensi kamu dalam penulisan sebuah karya tulis berisi pesan apresiasi terhadap para guru di Indonesia.

Merujuk pada Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menjelaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Demi memperingati momen yang berharga ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut yakni dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (23/11/2022) telah merangkum contoh teks pidato hari guru, seperti berikut.

Contoh Teks Pidato Hari Guru

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Ibu dan Bapak Guru,

Puji syukur hari ini kita dapat berkumpul dalam kondisi sehat, bahagia dan selalu dalam lindungan-Nya, Aamiin Ya Rabbal Alamin. 

Di Hari Guru yang bertepatan tanggal 25 November 2022 ini, izinkan saya atas nama panitia penyelenggara menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas semua pengabdian Ibu dan Bapak Guru. Tugas dan tanggung jawab Ibu dan Bapak Guru amat besar, namun izinkan saya menyampaikan bahwa tanggung jawab besar ini janganlah dipandang sebagai beban tapi sebagai kehormatan. Ibu dan Bapak Guru mendapat kehormatan untuk menumbuhkan generasi baru yang tercerdaskan.

Ibu dan Bapak Guru yang berbahagia,

Negara ini dirintis dan didirikan oleh kaum terdidik. Mereka adalah generasi baru di zamannya yang merasakan pengajaran, pendidikan dan pencerahan. Mereka sangat sadar atas manfaat langsung pendidikan dan karena itulah mencerdaskan kehidupan bangsa mereka tetapkan sebagai sebuah amanah yang harus ditunaikan. Sebuah pesan tegas bahwa kunci kemajuan bangsa ini ada pada kualitas manusianya. Ibu dan Bapak Gurulah yang berada di garda terdepan mewakili seluruh bangsa dalam menjalankan amanah itu. Tiap tutur, tiap langkah dan tiap karya Ibu dan Bapak Guru adalah ikhtiar untuk mencerdaskan bangsa.

Orangtua yang adalah pendidik pertama dan utama pun mereka memercayakan pada Ibu dan Bapak Guru untuk turut mendidik anak-anaknya. Mari kita ingat pula, mereka bukan sekadar anak-anak, namun mereka adalah wajah masa depan bangsa ini. Ibu dan Bapak Gurulah orang pertama yang berkesempatan melihat dari dekat wajah masa depan negeri ini.

Ibu dan Bapak Guru yang saya hormati,

Ki Hadjar Dewantara menyebut tempat belajar sebagai taman. Istilah itu meneguhkan tekad bahwa pendidikan memang harus menjadi sebuah proses pembelajaran menyenangkan walau penuh tantangan. Pendidikan tidak boleh terasa sebagai penderitaan. Sekolah harus terasa menyenangkan. Sekolah menyenangkan adalah sekolah di mana semua ikut terlibat, baik guru, siswa maupun orangtua ikut mendukung pembelajaran bersama dan menjadi teladan bagi komunitasnya. Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan pembelajaran bermakna, bermanfaat dan relevan dengan kehidupan siswa serta kebutuhan masyarakat. Sekolah menyenangkan bukanlah sekolah tanpa tantangan, melainkan justru sekolah yang memberikan ragam pilihan dan tingkatan tantangan kepada guru dan siswa yang juga beragam.

 

1
/
2