8 Contoh Teks Prosedur Singkat dan Struktur Lengkap

Iqbal Widiarko
Kamis 11 Agustus 2022 13:50 WIB
8 Contoh Teks Prosedur Singkat dan Struktur Lengkap
Contoh teks prosedur bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembacanya tentang tata cara melakukan. (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh teks prosedur singkat dapat menjadi acuan kamu dalam membuat sebuah karya tulis berisi resep masakan atau tutorial membuat sesuatu. 

Teks jenis ini dapat membantu kita mengetahui cara-cara melakukan aktivitas tertentu dan kegiatan hidup sehari-hari. Secara sederhana teks prosedur bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembacanya tentang tata cara melakukan, menggunakan dan membuat sesuatu dengan sejelas mungkin.

Tahapan dalam pembuatan teks prosedur umumnya disusun berurutan dan saling terkait supaya memudahkan pembaca dalam memahami isi teks tersebut dan menerapkannya secara langsung.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (11/8/2022) telah merangkum contoh teks prosedur singkat, sebagai berikut.

Pengertian Teks Prosedur

Merujuk pada e-Modul Bahasa Indonesia tentang Teks Prosedur (2019) oleh Marsono dkk, teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah dalam melakukan suatu kegiatan ataupun tindakan. Teks ini umumnya terbangun dari beberapa struktur diantaranya tujuan, langkah-langkah dan interpretasi (simpulan).

Teks prosedur juga dapat dimaknai sebagai langkah - langkah yang perlu dilakukan supaya suatu tindakan dapat terlaksana dengan baik. Manfaat teks ini salah satunya dapat membantu kita menggunakan suatu alat dengan benar tanpa merusak alat itu sendiri.

Struktur Teks Prosedur

a. Tujuan

Bagian ini umumnya memberikan penjelasan terkait dengan tujuan dari pelaksanaan atau pembuatan suatu kegiatan yang lebih dijelaskan. Penjelasan tentang tujuan pelaksanaan atau pembuatan suatu kegiatan terdiri dari penjelasan kegiatan itu sendiri dan penjelasan capaian akhir yang diharapkan atau manfaat yang akan dicapai.

b. Bahan dan Peralatan

Bagian ini berisi hal - hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan atau pembuatan kegiatan tersebut. Hal - hal tersebut dapat berupa bahan dan alat.

c. Langkah-Langkah

Bagian ini memberikan penjelasan terkait dengan langkah - langkah atau tahapan yang perlu dilakukan dalam membuat suatu kegiatan. Tahapan tersebut harus tersusun secara sistematis, logis dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

d. Interpretasi (opsional)

Bagian ini dapat memberikan kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu yang telah dilakukan.

Contoh Teks Prosedur

1. Cara Membuat Telur Mata Sapi

-Tujuan

Alangkah lebih baik kita sarapan agar memberikan energi lebih untuk berkegiatan. Salah satu menu sarapan mudah untuk dibuat adalah telur mata sapi. Kandungan gizi pada telur cukup untuk menunjang kita berkegiatan sampai siang hari. 

-Bahan dan Peralatan

Untuk memasak telur mata sapi dengan benar, ikutilah langkah-langkah berikut:

Bahan-bahan:
a. Siapkan telur satu buah.
b. Siapkan garam secukupnya.
c. Siapkan juga mentega atau minyak goreng.

Alat:
a. Siapkan kompor.
b. Siapkan penggorengan seperti wajan.
c. Siapkan juga spatula.
d. Siapkan piring.

-Langkah-langkah

Cara Membuat:
a. Untuk langkah pertama, nyalakan api dengan ukuran yang sedang saja.
b. Kemudian langkah yang selanjutnya ialah dengan meletakkan wajan di atas kompor tersebut. Masukan mentega dan tunggu hingga meleleh dan panas.
c. Lalu pecah telur dan tuangkan isi telur ke dalam wajan, jangan lupa untuk menambah garam secukupnya.
d. Agar telur dapat matang secara sempurna, kamu bisa membalik telur dengan menggunakan spatula.
d. Jika telur sudah matang, angkat lalu tiriskan sebentar agar nantinya minyak dapat hilang.
Kemudian letakkan di atas piring, dan telur mata sapi pun sudah siap untuk disajikan. (Sumber: Kemendikbud)

 

1
/
3