Covid-19 Melandai, hanya Ada Satu Wilayah Indonesia yang Masih PPKM Level II

Kevi Laras
Kamis 09 Juni 2022 23:06 WIB
Covid-19 Melandai, hanya Ada Satu Wilayah Indonesia yang Masih PPKM Level II
Ada satu wilayah di Indonesia yang masih PPKM level II. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seluruh Indonesia, telah diperpanjang hingga 4 Juli 2022. Fakta menariknya ternyata masih ada satu wilayah di Indonesia yang masih level II. 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers hari ini (9/6),  mengungkapkan daerah yang masih berada di PPKM level II itu ialah  Kabupaten Teluk Bintuni.

"Seluruh wilayah di Jawa dan Bali berada di PPKM level I. Sedangkan di luar Jawa-Bali hanya satu kabupaten yang berada di level II yaitu Teluk Bintuni di Provinsi Papua Barat," ujar Wiku dari YouTube BNPB, Kamis (9/6/2022)

Lebih lanjut, dia menjelaskan ada 3 alasan kenapa PPKM kembali di perpanjang, pertama berdasarkan data transmisi komunitas yang disusun Kementerian Kesehatan. 

Kedua, berdasarkan dua aturan di atas, seluruh wilayah kabupaten dan kota di pulau Jawa-Bali saat ini berada di level 1.

Kemudian yang terakhir, sesuai Instruksi Mendagri No. 29 Tahun 2022, untuk wilayah Jawa-Bali. Lalu Instruksi Mendagri No. 30 Tahun 2022 untuk wilayah luar Jawa-Bali.

Editor : Imantoko Kurniadi