Covid-19 Varian Kraken Disebut Lebih Cepat Menular, Masyarakat Diimbau Perketat Prokes dan Vaksin Booster  

Icon CameraKevi Laras
Kamis 26 Januari 2023 09:15 WIB
Covid-19 Varian Kraken Disebut Lebih Cepat Menular, Masyarakat Diimbau Perketat Prokes dan Vaksin Booster  
Covid-19 varian Kraken disebut lebih cepat menular. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Berbagai varian Covid-19 masih bermunculan, di mana saat ini Kraken menjadi sorotan. pasalnya, varian ini ternyata sudah masuk Indonesia. Disebutkan bahwa kasus konfirmasinya berasal dari WNA Polandia yang melakukan travel ke Balikpapan. 

Histori perjalanannya, disebut Menkes Budi, orang Polandia ini pada 6 Januari masuk ke Jakarta. Pada saat hendak masuk ke Kapal melakukan tes Covid-19 PCR ternyata positif. Namun, dia memastikan kasus pertama itu terinfeksi saat melakukan travel (perjalanan) di Balikpapan. 

"Saya sudah dengar, dilaporkan bahwa varian ini sudah ditemukan, dari orang Polandia, dan itu dia kenanya di Balikpapan. Tapi yang bersangkutan sudah sempat travel di beberapa tempat, hasilnya saya tahu di WGS ketemu XBB 1.5 (Kraken)," kata Menkes Budi saat ditemui wartawan di Komplek DPR RI, Kamis (26/1/2023). 

Sehubungan dengan ini, Budi memastikan kalau varian Kraken atau XBB 1.5 ini turunan dari Omicron yang sifatnya lebih mudah menular dibandingkan varian lainnya. Bahkan dia mengatakan bahwa tingkat keparahan rendah dan varian ini sudah ada di Amerika Serikat. 

"Dia kraken kemampuan penularannya cepat tapi dari kemampuan mematikannya atau masuk RSnya rendah, dan kita sudah lihat, varian ini kan sudah ada di AS, dan perilakunya demikian," katanya 

Melihat hal itu, dia mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir. Namun, dia mengimbau masyatakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.  

Tidak lupa juga untuk melakukan booster Covid-19. Mengingat manfaatnya secara umum diketahui mampu meminimalisir keparahan saya terinfeksi varian apapun dari SARs-COV-2.  

"Yang penting pertama tenang, varian ini menularya cepat. Jadi kalau sudah merasa tidak enak badan periksa di tempat umum yang padat pakai masker, juga harus tahu bahwa varian ini ringan, jadi pastikan boosternya dilaksanakan," katanya.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News