Curhat Mahasiswi ISWI Fashion Academy, Rela Tak Tidur 29 Jam demi Persiapan Tampil di Thailand Fashion Week 2023

Icon CameraMuhammad Sukardi
Senin 21 November 2022 21:54 WIB
Curhat Mahasiswi ISWI Fashion Academy, Rela Tak Tidur 29 Jam demi Persiapan Tampil di Thailand Fashion Week 2023
Curhat Mahasiswi ISWI Fashion Academy, Rela Tak Tidur 29 Jam demi Persiapan Tampil di Thailand Fashion Week 2023. (Foto:celebrities.id/MPI Rahman Faisal)

JAKARTA, celebrities.id - Tujuh mahasiswi ISWI Fashion Academy bakal tampil di Thailand Fashion Week 2023. Uniknya, terdapat satu momen yang benar-benar memorable untuk para mahasiswi tersebut saat mereka tidak tidur lebih dari 24 jam untuk menyelesaikan 10 looks kolaborasi ISWI Fashion Academy X Ida Wachyuni.

"Kami tidak tidur 29 jam untuk menyelesaikan 10 looks kolaborasi ISWI Fashion Academy X Ida Wachyuni. Bukan sesuatu yang mudah, tapi kami bangga akan hasil akhirnya," kata Prajna Ayu Majedah, salah seorang mahasiswi, saat diwawancarai MNC Portal, Senin (21/11/2022).

Dalam proses penciptaan koleksi kolaborasi, hal paling menantang adalah saat harus membuat bentuk Burung Enggang dari Kalimantan Tengah yang menjadi ikon koleksi tersebut.

"Pembuatan embroidery burungnya itu handmade alias dibuat oleh tangan. Beberapa potongan item lainnya pun dikerjakan dengan tangan langsung. Jadi, bisa dibilang ini tuh koleksi semi couture," kata Dena, sapaan akrab Prajna Ayu.

Koleksi Burung Enggang itu sendiri punya makna di baliknya. Menurut Ida Wachyuni yang merupakan otak di balik tema tersebut, Burung Enggang diibaratkan sebagai harapan bahwa budaya Indonesia dapat dilihat dan dinikmati di tingkat Internasional.

"Koleksi ini terinspirasi dari filosofi Burung Enggang asal pedalaman Kalimantan Tengah yang bermakna sebagai satu tanda kedekatan masyarakat Indonesia dengan alam sekitarnya," tutur Yuni.

Ada satu desain koleksi yang memperlihatkan embroidery seperti sayap burung merangkul dari belakang. Ini artinya seperti Ida Wachyuni merangkul generasi muda dan mendukung mereka dalam membuat karya. Gaya klasik-elegan ditonjolkan dalam koleksi kolaborasi ini. Tapi yang menariknya, identitas Indonesia tetap ditonjolkan lewat embroidery burung dan permainan aksesori sayap burung.  

 

1
/
2