Daebak! BLACKPINK Catat Sejarah Billboard Lagi, Pink Venom Jadi Lagu Kpop Pertama di Chart Pop Radio Airplay

Pinkan Saladina Nolani
Kamis 08 September 2022 13:00 WIB
Daebak! BLACKPINK Catat Sejarah Billboard Lagi, Pink Venom Jadi Lagu Kpop Pertama di Chart Pop Radio Airplay
BLACKPINK torehkan prestasi Billboard Chart Airplay Radio Pop lewat lagu Pink Venom. (Foto: celebrities.id/YouTube BLACKPINK)

JAKARTA, celebrities.idBLACKPINK secara konsisten mencetak berbagai prestasi dan penghargaan. Kali ini, mereka baru saja menjadi lagu Kpop pertama yang debut di tangga lagu Billboard untuk Airplay Radio Pop.

Melansir Soompi, Kamis (8/9/2022), single terbaru BLACKPINK “Pink Venom” memulai debut Pop Radio Airplay di No. 36. Chart ini mengukur pemutaran mingguan Top 40 lagu stasiun radio di seluruh Amerika Serikat. 

Khususnya, “Pink Venom” adalah lagu berbahasa Korea pertama oleh grup girl yang pernah masuk ke tangga lagu Pop Airplay. “Pink Venom” juga menjadi single pertama BLACKPINK berbahasa Korea yang mencapai prestasi tersebut. 

Sebenarnya, lagu mereka bertajuk “Ice Cream” (2020) juga sempat masuk chart. Namun, lagu itu berbahasa campuran Inggris karena merupakan kolaborasi dengan Selena Gomez.

Sementara itu, "Pink Venom" juga menghabiskan minggu kedua di Billboard's Hot 100, peringkat mingguan lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat. Setelah debut di No 22 di chart minggu lalu, "Pink Venom" tetap kuat di No 53 minggu ini.

Selain itu, "Pink Venom" menyapu tempat No. 1 di Global 200 dan Global Excl. Bagan A.S. untuk minggu kedua berturut-turut, menjadikan BLACKPINK tidak hanya artis K-pop pertama yang menduduki puncak Global 200 pada tahun 2022 tetapi juga yang pertama menghabiskan dua minggu di Global Excl. Grafik AS tahun ini.

Terakhir, “Pink Venom” berada di peringkat 2 di chart Penjualan Lagu Digital Dunia Billboard, No. 35 di chart Lagu Streaming, dan No. 48 di chart Penjualan Lagu Digital minggu ini.

Sebagai informasi, BLACKPINK tengah memeprsiapkan comeback full album kedua mereka bertajuk BORN PINK pada 16 September mendatang. Adapun judul lagu utama mereka adalah 'Shut Down.' Lagu 'Ready for Love' yang sebelumnya dirilis dengan sebuah video musik versi PUBG juga masuk dalam daftar lagu. Sisanya, mereka akan menawarkan lima lagu lain yakni "Typea Girl,' 'Yeah Yeah Yeah,' 'Hard to Love,' 'The Happiest Girl,' dan 'Tally.'

Selamat kepada BLACKPINK atas pencapaian bersejarah lainnya!

Editor : Lisvi Padlilah