19 Daftar Istilah Gaul yang Viral di TikTok, Anak Zaman Now Harus Tahu!

Icon CameraStefani Ira Pratiwi
Jumat 16 September 2022 11:09 WIB
19 Daftar Istilah Gaul yang Viral di TikTok, Anak Zaman Now Harus Tahu!
Daftar istilah gaul yang viral di TikTok (celebrities.id/Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Daftar istilah gaul yang viral di TikTok cukup banyak. Sebagaimana diketahui, TikTok telah menjadi salah satu aplikasi yang populer saat ini. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna aktif aplikasi TikTok tercatat mencapai 99,1 juta orang pada April 2022 dengan rata-rata akses aplikasi sebanyak 23,1 jam per bulan. 

Data tersebut diambil dari laporan We Are Social. Dengan jumlah tersebut, Indonesia menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat yang memiliki pengguna aktif TikTok terbesar di dunia.

Aplikasi video pendek ini sukses menghibur penggunanya dengan berbagai jenis konten yang dibuat para kreator. Dengan berbagai fitur menarik, TikTok berhasil menarik para pengguna untuk mengakses aplikasi dengan berbagai alasan. 

Beberapa orang membuka TikTok untuk menghibur diri, ada juga yang mencari informasi teraktual, ada yang ingin populer, dan lain sebagainya. Tak jarang, banyak tren baru muncul dari TikTok. Tren tersebut meliputi tren berpakaian hingga tren bahasa gaul.

Supaya tidak dianggap “kudet” atau kurang update, seseorang selalu mengikuti segala tren bahasa gaul di TikTok agar tahu artinya atau agar dapat ikut menggunakan bahasa tersebut untuk berkomunikasi dengan teman di kehidupan sosial. 

Melansir dari beberapa media, berikut ini daftar istilah gaul beserta dengan artinya yang sempat viral di TikTok, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022).

Daftar istilah gaul yang viral di TikTok

CEO

Di TikTok, istilah ini sering diberikan kepada kreator-kreator yang ahli dalam membuat konten tertentu. Misalnya, CEO of dancing in public artinya kreator TikTok itu memang ahli dalam membuat konten menari di depan umum.

Cewe Bumi, Cewe Kue, Cewe Mamba

Ketiga istilah tersebut digunakan untuk membedakan gaya berpakaian dan berpenampilan seorang perempuan. Cewe bumi digunakan untuk menyebut perempuan yang suka mengenakan pakaian hingga aksesoris berwarna earth tone. Cewe kue digunakan untuk menyebut perempuan yang berani memainkan perpaduan warna yang berani dalam penampilan mereka. Sedangkan istilah cewe mamba digunakan untuk menyebut perempuan yang suka berdandan serba hitam.

Cewe Makjreng

Setelah viral istilah cewe bumi, cewe kue, dan cewe mamba, istilah cewe makjeng pun muncul untuk menyebutkan perempuan yang berani tampil dengan pakaian serba putih. 

Cheugy

Cheugy digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang ketinggalan zaman atau terlalu berlebihan (norak). Biasanya istilah ini digunakan para remaja gen-Z untuk membicarakan selera generasi milenial.

Cringe

Cringe biasanya dipakai untuk menunjukkan bahwa seseorang merasa geli atau jijik dalam sebuah obrolan. Istilah ini merujuk ke konotasi yang negatif.

DC

DC adalah singkatan dari 'Dance Credit'. Pengguna TikTok kerap menuliskannya pada caption video untuk memberikan kredit kepada kreator konten asli.

FYP

FYP di TikTok merupakan singkatan dari ‘For Your Page’. Istilah ini merujuk pada kolom ‘For You’ di beranda TikTok.

IB

IB singkatan dari ‘Inspired By’ atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘terinspirasi oleh’. Biasanya bahasa gaul di TikTok ini digunakan kreator yang mengambil inspirasi konten dari kreator lain.

 


 
Kata Ilham

Sempat ada beberapa netizen yang menggunakan ‘Kata Ilham’ di kolom komentar Tiktok. Ilham dalam istilah ini bukan merujuk pada nama seseorang namun memang sengaja diungkapkan sebelum seseorang mengucapkan sebuah quotes. Istilah ini sebenarnya pertama kali diucapkan oleh YouTuber gaming pemilik channel Windah Basudara dan kemudian banyak ditiru orang.
 
Mid

Bahasa gaul di TikTok satu ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang penampilannya 'biasa-biasa saja' atau standar. Istilah mid terkadang juga dipakai untuk menyebut sesuatu yang sedang-sedang saja.
 
NT

NT merupakan singkatan dari bahasa Inggris ‘Nice Try’ yang dapat diartikan sebagai percobaan yang bagus. Meskipun mulanya istilah ini hanya digunakan oleh para gamer, istilah ini kini viral dan digunakan dalam berbagai media sosial. Di TikTok, istilah NT biasa digunakan untuk berkomentar, membuat caption, dan semacamnya. 
 
Oke Boomer

Istilah ini sering dipakai di Tiktok untuk digunakan jika ingin merespons orang-orang kolot dalam kolom komentar.
 
Pargoy

Pargoy adalah istilah gaul yang digunakan oleh anak-anak TikTok. Pargoy merupakan singkatan dari party goyang. Artinya, jika ada lagu DJ Remix mereka bergoyang bersama.
 
Pick Me Girl

Istilah yang diberikan untuk seorang perempuan yang mengeklaim bahwa bahwa dirinya berbeda atau tidak seperti orang pada umumnya. Orang-orang seperti ini biasanya suka jadi pusat perhatian.
 
RL

RL merupakan singkatan dari kata 'Real Life' yang berarti kehidupan nyata. Istilah ini kerap digunakan oleh pengguna TikTok saat membandingkan perilaku seseorang di kehidupan nyata dan media sosial.
 
Salty

Kata salty sebenarnya merupakan kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti mengandung garam. Namun dalam penggunaannya sebagai bahasa gaul di TikTok, istilah salty diartikan berbeda. Kata ini dipelesetkan artinya menjadi geram atau kesal. Tak hanya itu, salty juga bisa digunakan sebagai sindiran halus untuk seseorang.
 
TBL

TBL adalah singkatan dari ‘Takut Banget Loch’ yang artinya mengungkapkan rasa ketakutan. Istilah ini pertama kali diciptakan oleh seorang konten kreator TikTok bernama Fando Bondol. 
 
NBL

Setelah istilah TBL viral, kini bermunculan singkatan-singkatan lain yang senada dengan TBL. Di antaranya adalah NBL, singkatan dari ‘Ngakak Banget Loch’, SBL singkatan dari ‘Sebel Banget Loch’, MBL singkatan dari ‘Mager Banget Loch’, KBL yang artinya ‘Keren Banget Loch’, dan masih banyak lainnya.
 
YGY

YGY merupakan singkatan dari 'Ya Guys Ya', 'Ya Ges Ya', atau 'Ya Gaes Ya'. Bahasa gaul ini biasanya dipakai untuk meyakinkan orang lain untuk membenarkan sebuah argumen. YGY sering dipakai oleh anak muda untuk dijadikan keterangan dalam kontennya. Contohnya, “Cinta tak selamanya indah YGY.”

Editor : Simon Iqbal Fahlevi