Daftar Lengkap Rider MotoGP 2023, Dua Pembalap Suzuki Resmi Gabung Honda

Icon CameraFitradian Dhimas
Jumat 16 September 2022 20:39 WIB
Daftar Lengkap Rider MotoGP 2023, Dua Pembalap Suzuki Resmi Gabung Honda
Daftar Lengkap Rider MotoGP 2023, Dua Pembalap Suzuki Resmi Gabung Honda. (Foto:celebrities.id/Instagram @fabioquartararo20)

ALCANIZ, celebrities.id - Susunan pembalap MotoGP untuk menyambut musim 2023 sudah lengkap. Semua rider sudah memiliki kursinya sendiri menyusul pengumuman Augusto Fernandez yang bergabung dengan tim Tech3 GASGAS Factory Racing.

Pengumuman bergabungnya Fernandez menjadi potongan terakhir dari peserta MotoGP 2023. Kini, seluruh kursi di MotoGP 2023 sudah terisi, lengkap dengan sejumlah perubahan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah hengkangnya tim Suzuki Ecstar. Kedua pembalapnya, Joan Mir dan Alex Rins akan sama-sama bergabung dengan Honda, walau di tim berbeda.

Di kubu Repsol Honda, Mir akan mendampingi Marc Marquez yang memiliki kontrak jangka panjang. Sementara Rins akan bertandem dengan Takaaki Nakagami yang baru memperpanjang kontrak di LCR Honda. Sementara di pabrikan Jepang lainnya, Yamaha, hanya akan menurunkan dua motor. Mereka mengandalkan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli di bawah paying Monster Energy Yamaha.

Dari tim dengan motor paling sedikit, beralih ke pabrikan yang paling dominan. Ducati akan menurunkan sebanyak delapan pembalap pada MotoGP 2023 mendatang. Untuk musim 2023, Ducati Lenovo mengandalkan Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini. Sementara dua pembalap lain akan menggunakan motor Ducati 2023 adalah Jorge Martin dan Johann Zarco yang membela Pramac Racing.

Sementara empat motor yang lain akan menggunakan motor Ducati GP22. Antara lain dua penunggang VR46, Marini dan Marco Bezzecchi, serta Fabio di Giannantonio dan Alex Marquez di Gresini Racing. Sementara Aprilia Racing tetap mengandalkan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Sedangkan tim RNF Aprilia mempercayakan Raul Fernandez dan Miguel Oliveira

Terakhir ada tim Red Bull KTM Factory Racing. Mereka menyambut Jack Miller, yang akan berduet dengan Brad Binder. Kemudian di Tech3 GASGAS Factory Racing, ada nama Augusto Fernandez dan Pol Espargaro.

Daftar Peserta MotoGP 2023

  1. Red Bull KTM: Brad Binder, Jack Miller
  2. Tech3-GASGAS: Pol Espargaro, Augusto Fernandez  
  3. Monster Yamaha: Fabio Quartararo, Franco Morbidelli
  4. Aprilia Racing: Aleix Espargaro, Maverick Vinales
  5. RNF Aprilia: Raul Fernandez, Miguel Oliveira
  6. Repsol Honda: Marc Marquez, Joan Mir
  7. LCR Honda: Takaaki Nakagami, Alex Rinz
  8. Ducati Lenovo: Francesco Bagnaia, Enea Bastianini
  9. Pramac Ducati: Johann Zarco, Jorge Martin
  10. Mooney VR46 Ducati: Luca Marini, Marco Bezzecchi
  11. Gresini Racing Ducati: Alex Marquez, Fabio Di Giannantonio

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra