Dahi Berjerawat karena Poni? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya! 

Icon CameraDevi Ari Rahmadhani
Senin 21 November 2022 12:11 WIB
Dahi Berjerawat karena Poni? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya! 
Dahi berjerawat karena poni. (Foto: celebrities.id/freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Rambut berponi kerap dipilih wanita agar terlihat tampil lebih muda, imut dan fresh. Namun, di balik berbagai macam kelebihannya itu, memiliki poni ternyata dapat membuat dahi berjerawat. 

Melansir Glam, Senin (21/11/2022), poni tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Dokter kulit Tiffany Libby menjelaskan, poni meningkatkan kemungkinan residu produk rambut dan minyak kulit kepala alami (yang dimiliki semua orang) bersentuhan dengan kulit di dahi Anda sehingga terjadi penyumbatan di pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Tidak hanya itu saja, Skincare.com  menambahkan, selain menyebabkan penyumbatan minyak, poni juga dapat  ditambah kotoran dan sel kulit mati pada kulit untuk waktu yang lama. Hal ini menyebabkan jerawat berulang. 

Apalagi, dahi juga merupakan bagian dari zona-T yang terkenal cenderung berminyak dan sering terjadi menyumbat pori-pori. 

Untuk itu, mereka yang memiliki jenis kulit berminyak harus waspada terhadap poni. 

Cara mencegah cerawat walau berponi

Jika Anda ingin memiliki gaya rambut berponi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah berjerawat dan mempertahankan poni impian Anda.

Salah satunya yakni dengan melakukan  pembersihan dahi Anda sebagai prioritas dalam rutinitas perawatan kulit. Hal ini untuk menghindari penyumbatan pori-pori kulit dahi. Selain itu, membersihkan dahi secara rutin dapat mencegah zat-zat berbahaya menempel di kulit dalam waktu yang lama dan menyebabkan tumbuhnya jerawat. 

Adapun cara lain mencegah cerawat di dahi yanh berponi yakni dengan menjepit poni ke belakang rambut saat beraktivitas yang menimbulkan keringat seperti berolahraga.

Editor : Endang Oktaviyanti