Dampak dan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia, Salah Satunya Punya 3 Zona Waktu

Alifia Furaida Salsabila
Selasa 20 September 2022 11:16 WIB
Dampak dan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia, Salah Satunya Punya 3 Zona Waktu
Letak astronomis Indonesia memengaruhi iklim dan zona waktu. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Dampak dan pengaruh letak astronomis Indonesia perlu kamu ketahui mengingat posisi Indonesia sebagai negara maritim terluas di dunia.

Letak astronomis merupakan letak dari suatu wilayah yang berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Secara astronomis Indonesia berada di 95° - 141° BT serta 6° LU - 11° LS yang memiliki pengaruh pada iklim hingga zona waktu.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (20/9/2022) telah merangkum dampak dan pengaruh letak astronomis Indonesia sebagai berikut. 

Dampak dan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

1. Pengaruh Iklim

Letak astronomis Indonesia berdampak pada iklim tropis yang ada di Indonesia. Indonesia beriklim tropis, artinya sepanjang tahun Indonesia akan mendapatkan sinar matahari. Iklim tropis ini membuat Indonesia hanya memiliki dua musim saja, yaitu musim hujan dan musim kemarau. 

2. Kelembapan Udara Tinggi 

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki curah hujan tinggi. Curah hujan yang tinggi dapat membuat kelembaban udara juga tinggi.

3. Memiliki Jenis Flora dan Fauna yang Beragam

Iklim tropis Indonesia sangat cocok sebagai tempat untuk pertumbuhan flora dan perkembangbiakan fauna. Tidak heran jika Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna.

 

1
/
2