Dari Berwisata hingga Belajar Membuat Angklung, Berikut 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Saung Angklung Udjo

MNC Portal
Rabu 27 April 2022 15:28 WIB
Dari Berwisata hingga Belajar Membuat Angklung, Berikut 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Saung Angklung Udjo
Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Saung Angklung Udjo. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Di zaman modern ini, masyarakat perkotaan mulai sulit menyaksikan pertunjukan alat musik tradisional, seperti angklung. Adalah Saung Angklung Udjo yang setia menyuguhkannya. Saung Angklung Udjo yang berada di Jalan Padasuka Nomor 118, Bandung, Jawa Barat, masih setia menggelar pertunjukan alat musik yang terbuat bahan bambu tersebut.

Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Frekuensi angklung bisa mengusir hama padi. Di Saung Angklung Udjo, Anda bisa menikmati indahnya lantunan suara dari alat musik yang ditemukan oleh Daeng Soetigna itu. Menariknya lagi, angklung tersebut dimainkan oleh remaja dan anak-anak. 

Pimpinan Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo mengatakan, meski memiliki konsep wisata budaya, namun tak jarang turis asing yang menyambangi tempat ini. Selain itu, pelajar dari luar kota juga kerap datang menyaksikan pertunjukan angklung dan wayang golek.

"Yang datang paling banyak dari Belanda, Jerman, dan negara Eropa lainnya,” katanya seperti dikutip Okezone.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Saung Angklung Udjo, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menikmati Pertunjukan Angklung

Saung Angklung Udjo terkenal dengan pertunjukan seni tradisionalnya. Pertunjukan yang berlangsung di saung ini bahkan sudah terkenal di kalangan turis mancanegara. Dalam pertunjukan tersebut, wisatawan dapat menyaksikan demonstrasi wayang golek, Upacara Helaran, seni tari tradisional, dan pertunjukan angklung.
Menikmati Suasana Alam

Saung Angklung Udjo memadukan suasana tradisional dan kondisi alam yang masih hijau. Tempat pertunjukan pun dibangun dengan mamadukan dua konsep tersebut. Wisatawan dapat berkeliling di sekitar kawasan tersebut sambil berfoto atau sekadar menikmati suasana asri.

Belanja Suvenir

Toko suvenir di Saung Angklung Udjo terbilang cukup lengkap. Wisatawan dapat menjumpai berbagai pernak-pernik, mulai dari angklung ukuran besar, gambang, kujang, kendang, hingga gantungan kunci.

Berburu Kuliner khas Sunda

Wisatawan dapat menjumpai restoran di kawasan Saung Angklung Udjo. Restoran tersebut menyajikan kuliner khas Sunda. Salah satu restoran yang dapat dijumpai di kawasan tersebut adalah Dapoer Angklung. Restoran ini menyediakan beragam menu, seperti nasi timbal, nasi bakar, dan ikan gurame bakar. 

 

1
/
2