Darurat Cacar Monyet, Begini Perlindungan Anak Selama PTM Sekolah

Kevi Laras
Selasa 02 Agustus 2022 21:05 WIB
Darurat Cacar Monyet, Begini Perlindungan Anak Selama PTM Sekolah
Lindungi Anak dari Cacar Monyet. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Beberapa negara telah mengumumkan situasi darurat monkeypox atau cacar monyet. Hal tersebut menjadi perhatian setiap orang, terlebih orangtua, mengingat pembelajaran tatap muka (PTM) di Indonesia sedang berlangsung.

Meski di tengah pandemi Covid-19 dan darurat cacar monyet, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan hanya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi langkah pencegahan.

Sebab sejauh ini, belum ada kepastian untuk obat atau vaksinasi terkait cacar monyet. 

"Lagi-lagi phbs di tengah penyakit menular yang belum jelas vaksinnya, ini kita ajarkan betul phbs," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) dalam media briefing virtual Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama sejumlah organisasi profesi, Selasa (2/8/2022).

Sehubungan dengan PTM, Piprim mengatakan sudah ada SE Nomor 7 Tahun 2022 Perihal Diskresi SKB 4 Menteri. Mengatur segala ketentuan terkait PTM di tengah pandemi atau wabah. 

Dia pun menilai SKB tersebut sudah baik, selama bisa diterapkan dengan baik. Sehingga tidak panik secara berlebihan bagi masyarakat, tetap dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang sudah ada dan cacar monyet dipastikan tidak seperti Covid-19. 

Virus yang mudah menular, melainkan jika ada kontak erat baru terinfeksi. "Masalah PTM tentu ikuti ketentuan berlaku SKB 4 Menteri sudah baik kalau aturan diikuti. Pandemi 2 tahan jangan sampai ada lost generation," katanya.

"Kita proporsional saja, tidak panik berlebihan, tapi prokes tetap dilakukan, monkeypox tak semenular covid karena hanya kontak erat," kata dr Piprim.

Editor : Hadits Abdillah