Deep Purple Bakal Konser di Indonesia, Bagaimana Kabar Mantan Gitaris Ritchie Blackmore?

Icon CameraRavie Wardani
Kamis 19 Januari 2023 22:04 WIB
Deep Purple Bakal Konser di Indonesia, Bagaimana Kabar Mantan Gitaris Ritchie Blackmore?
Ritchie Blackmore mantan gitaris band Deep Purple. Foto: celebrities.id/Instagram @ therealritchieblackmore)

JAKARTA, celebrities.id - Band rock legendaris Deep Purple bakal menggelar konser di Indonesia, tepatnya di Solo, Jawa Tengah. Namun, sang gitaris Ritchie Blackmore sudah tidak tergabung dalam band tersebut.

Nama Ritchie Blackmore dikancah musik rock dunia tentunya sudah tidak asing lagi. Pria 78 tahun ini disebut-sebut sebagai gitaris rock terbaik yang sangat mempengaruhi gaya permainan musisi setelahnya.

Pemilik nama lengkap Ritchie Hugh Blackmore ini sukses mencapai puncak karier bersama Deep Purple. Ya, Ritchie juga merupakan salah satu anggota pendiri Deep Purple bersama mendiang Jon Lord (keyboardist).

Melansir Blabber Mouth, Kamis (19/1/2023), Ritchie hengkang dari Deep Purple sejak 1993, persis setelah penampilannya di Finlandia.

Tinggalkan Deep Purple karena Masalah Internal?

Alasan hengkangnya Ritchie Blackmore dari Deep Purple sendiri sempat diungkap oleh salah satu punggawanya, Ian Gillan (Vokalis), dalam sebuah wawancara bersama salah satu stasiun radio asal Spanyol.

Sejatinya, Ian Gillan-lah yang lebih dulu meninggalkan Deep Purple ketimbang Ritchie. Dia resmi mengundurkan diri sebagai vokalis pada 1989.

Vokalis yang terkenal dengan teknik head voice-nya ini mengakui adanya perbedaan prinsip antara dirinya dan sang gitaris kala itu.

"Ritchie dulu teman sekamar saya (saat masih di Deep Purple), kami biasa berpesta bersama. Dia seorang yang sangat profesional, pria yang sangat baik bagi saya," kata Ian Gillan.

"Tapi ada yang berubah di Ritchie ketika kami kembali bersama, bahkan kami semua berubah, dan chemistry para anggota band saat itu tidak sama seperti dulu. Jadi itu menjadi sulit. Dan pada akhirnya muncul perdebatan. Saya dipecat dari band karena saya ingin melakukan lebih banyak tur, sementara Ritchie sebaliknya," katanya lagi.

Setelahnya, Rithcie pun memutuskan hengkang dari Deep Purple pada 1993 karena masalah internal lain yang tak bisa diselesaikan.

 

Sempat Bentuk Band Lain Sebelum Hengkang dari Deep Purple

Sebelum memutuskan angkat kaki dari Deep Purple, Ritchie sudah membentuk band lain yang diberi nama Rainbow pada 1978. Saat itu, Ritchie memilih vokalis rock ternama, Ronnie James Dio, sebagai tandemnya.

Namun sayang, sinergi Ritchie Blackmore dan Ronnie James Dio tak berlangsung lama. Dio memilih hengkang dari band bentukan Ritchie Blackmore itu pada 1979. 

Alasannya pun cukup kompleks. Dio menilai musik usungan Rainbow kala itu sudah tidak idealis lagi.

Ritchie Blackmore lantas mengganti Ronnie James Dio dengan beberapa vokalis kelas kakap seperti Graham Bonnett hingga Joe Lyn Turner.

Blackmore's Night Jadi 'Pelampiasan' sang Legenda Rock

Menilik akun Instagramnya, Rithcie Blackmore sendiri masih aktif membagikan kesibukan bermusiknya dengan beberapa projek yang tengah dijalani.

Ritchie bahkan baru saja merayakan ulang tahun grup bandnya saat ini, Blackmore's Night, yang ke-25.

"Hari ini @Blackmore's Night merilis campuran ulang tahun ke-25 'Greensleeves', diaransemen dan ditampilkan dengan gaya mereka sendiri yang berbeda dan indah," tulis Ritchie Blackmore dikutip dari akun @therealritchieblackmore, Kamis (19/1/2023).

Bersama Blackmore's Night, Ritchie sukses menelurkan sejumlah karya fenomenal, seperti Wish You Were Here (1997), Shadow of the Moon (1997), Cartouche (2023), Loreley (2003), The Circle (2008) dan masih banyak lagi.

Tak Terlibat dalam Konser Deep Purple - World Tour 2023 di Indonesia

Deep Purple dijadwalkan akan kembali manggung di Solo, Jawa Tengah, pada 10 Maret mendatang.

Dari keterangan resmi pihak penyelenggara, Deep Purple akan menampilkan triumviraat personel MK II diantaranya, Ian Gillan (vokal), Roger Glover (bass), dan Ian Paice (drum). Mereka akan didampingi oleh Don Airey (keyboard) dan Simon McBride (gitar).

Tentunya, tak ada nama Ritchie Blackmore dalam format pernsonel Deep Purple yang satu ini. Namun hingga saat ini, imej Deep Purple masih sangat melekat di dalam diri Ritchie Blackmore.

Ini dibuktikan dari gaya permainan gitar Simon McBride yang masih mengadaptasi lick andalan Ritchie Blackmore dalam sederet part solo di lagu Deep Purple.

"Dengan tampilnya God Bless bersama sebagai pembuka Deep Purple, ini akan seperti konser reuni 48 tahun silam, mereka pernah satu panggung bersama saat pertama kalinya Deep Purple tampil di Indonesia," ucap Anas Alimi selaku Founder Rajawali Indonesia dikutip dari siaran persnya,, Sabtu (14/1/2023).

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News