Delegasi G20 Tourism Working Group Sepakati Pembiayaan Internasional, Bentuk Dukungan Iklim Pariwisata Berkelanjutan

Ahmad Haidir
Kamis 12 Mei 2022 07:36 WIB
Delegasi G20 Tourism Working Group Sepakati Pembiayaan Internasional, Bentuk Dukungan Iklim Pariwisata Berkelanjutan
Dukungan G20 untuk iklim parisiwata berkelanjutan. (Foto: celebrities.id/Kemenparekraf)

LABUAN BAJO, celebrities.id — Dalam rangka mendukung upaya transformasi pariwisata yang berkelanjutan, delegasi G20 dan negara tamu di hari kedua penyelenggaraan ajang "The 1st Tourism Working Group" Indonesia 2022 di Sudamala Resort, Labuan Bajo, NTT, Rabu (11/5/2022), menyeppakati pembiayaan internasional.

Upaya tersebut guna mendukung tujuan transformasi pariwisata berkelanjutan yang berfokus kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal serta kelestarian alam. 

Chair of Tourism Working Group (TWG) Frans Teguh mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran masyarakat global akan pentingnya menumbuhkan aksi iklim atau lingkungan pariwisata yang sehat. Selain itu, kesadaran akan pengembangan ekonomi sirkular, serta peningkatan konservasi keanekaragaman hayati guna menjaga kelestarian bumi juga semakin baik. 

"Keberhasilan pariwisata seharusnya tidak hanya diukur dalam jumlah pengunjung saja, tetapi juga berfokus pada dampak positif yang dapat diberikan pariwisata terhadap peningkatan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan juga kelestarian alam,” ungkap pria yang juga menjabat Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf RI itu.

Hal ini juga merujuk kepada penelitian yang dilakukan UNWTO pada Desember 2019 yang disampaikan dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB. Penelitian tersebut mengungkap, sektor pariwisata diperkirakan akan meningkatkan emisi karbon setidaknya 25 persen pada 2030 jikasektor ini tidak melakukan aksi perubahan. 

 

1
/
2