Deretan Aplikasi Sulap Sampah Plastik Jadi Cuan, Salah Satunya Milik Hamish Daud

Wiwie Heriyani
Jumat 29 Juli 2022 23:31 WIB
Deretan Aplikasi Sulap Sampah Plastik Jadi Cuan, Salah Satunya Milik Hamish Daud
Deretan aplikasi sulap sampah plastik jadi cuan. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id -  Sampah plastik memang masih menjadi ancaman yang cukup serius untuk kelestarian alam. Di samping itu, tingkat kesadaran masyarakat terhadap isu ini mulai meningkat.

Walapun meningkat, ada kendala banyak faktor yang menyebabkan pengelolaan sampah plastik secara mandiri tidak berjalan konsisten, karena merasa lelah dan malas.

Nah, jika Anda salah satunya, aplikasi pengangkut sampah mungkin bisa menjadi jawaban. 

Apalagi, di era digital ini, gerakan peduli lingkungan semakin gencar dengan bantuan teknologi. 

Selain berkontribusi untuk melestarikan alam, Anda juga bisa mendapatkan reward berupa uang, pulsa, voucher, dan kompensasi lainnya dari membuat sampah plastik dari platform ini.

Berikut 5 aplikasi pengangkut sampah yang bisa kamu pilih agar lebih bijak mengolah sampah plastik, seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (29/7/2022).

1.Aplikasi Duitin

Duitin merupakan singkatan dari Daur Ulang Ini Itu. Melalui aplikasi ini, masyarakat diajak untuk lebih aktif memilah, mengumpulkan, dan mengelola sampah yang dapat didaur ulang. 

Aplikasi Duitin juga dapat membantu Anda mengumpulkan dan mengelola sampah plastik dengan lebih mudah, tanpa perlu repot menyetorkan ke tempat pengepul sampah yang jauh. 

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengatur waktu penjemputan sampah di rumahmu oleh mitra penjemput yang disebut Duitin Picker. 

Bahkan, Anda bisa mendapatkan reward atas pengumpulan sampah plastik yang dilakukan.

2.Aplikasi Rapel

Aplikasi Rapel bekerja sama dengan para pengepul sampah profesional di wilayah Yogyakarta sebagai pilot project. 

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pengelolaan sampah plastik di kota-kota besar khususnya Yogyakarta menjadi lebih baik sehingga terwujud lingkungan yang bersih.

Aplikasi Rapel merupakan platform untuk menjual sampah nonorganik yang telah dikelompokan dan dipilah dengan baik. 

Aplikasi ini diluncurkan oleh Rapel Indonesia dan telah diunduh lebih dari 50 ribu pengguna smartphone Android.

3. Aplikasi E-Recycle

Aplikasi pengangkut sampah ini mengoordinir proses penjemputan sampah terpilah berbasis teknologi yang diimplementasikan dalam bentuk digital dan bisa diakses melalui smartphone.

Aplikasi jual sampah plastik E-Recycle ini diluncurkan oleh PT Multi Inti Digital Lestari dan telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna di Google Play Store. 

Layanannya mencakup wilayah DKI Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi.

 

1
/
2