Deretan Artis Ternama Ini Pernah Idap Face Paralysis, Penyakit yang Diderita Justin Bieber

Ahmad Haidir
Minggu 19 Juni 2022 21:04 WIB
Deretan Artis Ternama Ini Pernah Idap Face Paralysis, Penyakit yang Diderita Justin Bieber
Justin Bieber idap Face Paralysis (Foto: Aceshowbiz)

JAKARTA, celebrities.id – Justin Bieber belakangan ini mencuri perhatian setelah mengungkapkan mengidap penyakit unik. Alhasil dia harus membatalkan sejumlah tur konser. Penyakit tersebut yakni Face Paralysis

Face Paralysis atau kelumpuhan wajah terjadi ketika seseorang tidak dapat menggerakkan sebagian atau bahkan seluruh otot wajah, yang biasanya merupakan akibat dari beberapa jenis kerusakan pada saraf wajah. Meskipun terbilang langka, namun sejatinya penyakit tersebut jauh lebih umum daripada yang disadari kebanyakan orang. 

Buktinya adalah tak hanya Justin Bieber, namun deretan nama-nama terkenal Hollywood ini juga ternyata sempat didiagnosa mengidap penyakit tersebut. 

Penasaran? Berikut ini daftar artis ternama yang terkena Face Paralysis dikutip dari Aceshowbiz, Minggu (19/6/2022). 

1. Pierce Brosnan

Mantan bintang tokoh detektif James Bond ini sempat mengidap Bell's Palsy yang merupakan sindrom penyebab kelumpuhan wajah yang memengaruhi sisi kanan wajahnya saat dia berada di lokasi syuting film di tahun 1980-an lalu. 

Syuting dilaporkan berlanjut saat itu, tetapi Pierce, yang berusia sekitar 25 tahun pada saat itu, harus menjauhkan wajah kanannya dari kamera sampai hilang.  Kabarnya bintang film "Die Another Day" itu diobati dengan prednison, steroid hingga akhirnya pulih setelah beberapa minggu menjalani terapi.

2. Katie Holmes

Di antara selebriti yang berjuang melawan kelumpuhan wajah lainnya adalah Katie Holmes. Fans memperhatikan bahwa Katie menderita penyakit itu setelah dia membintangi film "Dawson's Creek". 

Menariknya, banyak yang percaya bahwa efek sisa dari Bell's Palsy yang menjangkitinya menjadi sebuah ‘berkah’ tersendiri dimana itu menciptakan senyum seringai khas dari Katie! 

 

3. Sylvester Stallone

Aktor laga legendaris Hollywood yang terkenal berkat perannya sebagai "Rocky" ini juga terkenal dengan senyum miringnya yang ternyata merupakan efek sisa dari Face Paralysis. 

Sylvester mengakui bahwa dia lahir dengan kelumpuhan wajah akibat komplikasi kelahiran. Beberapa gejala penyakit itu pun masih ada sampai sekarang, bahkan ia sempat mendapatkan ejekan sebagai "Tuan Kepala Kentang dengan semua bagian di tempat yang salah."  

Bintang Hollywood itu lantas membeberkan bahwa menjadi aktor laga sedikit banyak dipengaruhi oleh keputusannya untuk mengambil kelas binaraga yang ternyata merupakan upaya untuk terapi dari kondisi wajahnya itu. 

4. George Clooney

Aktor Veteran Hollywood lainnya yakni George Clooney juga mengalami kelumpuhan wajah sementara yang disebabkan oleh kerusakan saraf kranial ketika dia baru berusia 13 tahun.  Setali tiga uang dengan Sylvester, hal itu membuatnya sempat mendapatkan ‘bullying’. 

"Sangat canggung diperhatikan seperti itu, semua orang melihat, dan kemudian tiba-tiba wajahmu menjadi datar? Ayah saya selalu berkata, 'Ini akan hilang, kamu akan baik-baik saja, kamu bisa mengatasinya,” kata Clooney.. 

Menariknya, George Clooney pun memutuskan untuk tidak ambil pusing dengan hal itu dan malah menjadikannya sebagai sebuah ‘nilai jual’ dirinya dan membuat lelucon tentang hal itu.

5. Angelina Jolie

Tak banyak yang tahu bahwa bintang film "Maleficent" ini sempat didiagnosis menderita Bell's Palsy pada 2016 lalu. Saat itu, dia mengatakan bahwa dia yakin penyakit itu berasal dari stres. 

"Kadang-kadang wanita dalam keluarga menempatkan diri mereka terakhir sampai memanifestasikan dirinya dalam kesehatan mereka sendiri," ujar Jolie.

Mantan istri Brad Pitt ini kemudian baru menjalani pemulihan penuh dengan melakukan akupunktur.

Editor : Hadits Abdillah