Deretan Kampung Arab di Indonesia, Kental dengan Nilai Sejarah

Sri Lestari Rahayuningtyas
Senin 20 Juni 2022 07:30 WIB
Deretan Kampung Arab di Indonesia, Kental dengan Nilai Sejarah
Destinasi kampung Arab di Indonesia, salah satunya ada di Kalimantan. (Foto: celebrities.id/Youtube: pie'ie Mejink)

JAKARTA, celebrities.id - Keberadaan kampung Arab di Indonesia tentu tidak asing. Mengingat, di Indonesia banyak sekali suku bangsa yang berkumpul dan menyatu di lapisan masyarakat.

Keberadaan masyarakat berdarah Arab ini membawa warna tersendiri dalam sebuah lingkup wilayah. Umumnya mereka mendirikan usaha baik itu bentuknya jualan di toko-toko, penginapan hingga restoran  yang bernuansa menu makanan Timur Tengah.

Melansir dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022), berikut ini ada empat kampung Arab di Indonesia yang wajib kita kunjungi.

Deretan Kampung Arab di Indonesia:

1.    Kampung Arab di Surabaya

 Rania Khaled
Kampung arab di Surabaya. (Foto: celebrities.id/ Youtube: Rania Khaled)

Kampung Arab pertama ini tepatnya ada di jalan Ampel Kejeron I, No. 4 Semampir, Surabaya Jawa Timur. Di lokasi ini ada banyak aneka jajanan yang khas dan selalu ramai dikunjungi wisatasan. 

Dan yang menarik, selain jajanan yang khas. Kesan kita berada di Arab juga akan tercipta, karena percakapan menggunakan bahasa Arab sangat umum dilakukan di sini.

2.    Kampung Arab di Kalimantan

Selanjutnya, ada kampung Arab yang berdiri di daerah Kalimantan, tepatnya  di jalan Tanjung raya 1, Pontianak, Kalimantan Barat.

Di sini Anda dapat melihat perkampungan asri orang dengan keturunan Arab yang ada di wilayah Pontianak.

Dan tidak jauh dari kampung arab ini, ada Keraton Kadariah (Keraton Qadriah), istana Kesultanan Pontianak yang dibangun dari 1771 sampai 1778 masehi. Sayyid Syarif Abdurrahman Al-qadrie adalah sultan pertama yang mendiami istana tersebut. 

Keraton ini berada di dekat pusat Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sebagai cikal-bakal lahirnya Kota Pontianak, Keraton Qadriah menjadi salah satu objek wisata sejarah.

 

1
/
2