5 Deretan Kontroversi Balenciaga yang Hebohkan Dunia, Salah Satunya Kampanye Kekerasan Seksual ke Anak-Anak

Icon CameraMuhammad Sukardi
Sabtu 21 Januari 2023 20:30 WIB
5 Deretan Kontroversi Balenciaga yang Hebohkan Dunia, Salah Satunya Kampanye Kekerasan Seksual ke Anak-Anak
Deretan kontroversi Balenciaga, salah satuny kampanyekan kekerasan seksual ke anak0anak. (Foto: people)

JAKARTA, celebrities.id - Deretan kontroversi Valenciaga selalu membuat heboh dunia. Jenama satu ini berani dalam mengeluarkan ide produk fashion hingga urusan kampanye fashion.

Bukan sekali brand ini bikin gaduh dunia mode, tapi berdasar pantauan, Balenciaga beberapa kali bikin kontroversi dan yang paling menggemparkan adalah soal tuduhan pedofil, BDSM, hingga eksploitasi anak.

Di artikel ini, celebrities.id coba merangkum deretan kontroversi Balenciaga yang tentunya bikin Anda tercengang yang dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (21/1/2023),Apa saja?

Deretan Kontroversi Balenciaga

1. Kampanye BSDM ke anak-anak dan pedofil

Kontroversi ini yang paling heboh. Terjadi pada November 2022 setelah 'Balenciaga Gift Shop' rilis ke publik menyambut musim liburan akhir tahun.

Balenciaga membuat dua kampanye sekaligus dan dua-duanya mendapat kecaman keras pencinta mode.

Kampanye pertama adalah 'Gift Collection', menampilan foto seorang anak memegang tas tangan bentuk boneka beruang yang mengenakan tali kulit dan kerah berpaku, lengkap dengan gelas anggur di dekatnya. Foto tersebut diambil oleh fotografer National Geographic Gabriele Galimberti.

Kampanye kedua adalah kampanye Garde-Robe yang menampilkan tema 'kantor' (bukan diambil oleh Galimberti) yang menyertakan foto putusan Mahkamah Agung Amerika Serikat v. Williams sebagai latar belakangnya. Putusan tersebut menganggap promosi pornografi anak ilegal dan tidak dilindungi di bawah kebebasan berbicara.

Akibat kampanye ini, banyak orang mengajak untuk boikot Balenciaga karena brand tersebut dianggap mengkampanyekan sesuatu yang tidak baik untuk anak-anak, mulai dari konsep BDSM hingga kekerasan seksual. Isu eksploitasi anak pun keluar gegara kampanye ini.

2. Kim Kardashian tampil layaknya hantu bayangan di Met Gala 2021

Kemunculan Kim Kardashian di Met Gala 2021 menggunakan outfit serba hitam menyeramkan jadi sorotan dunia. Outfit yang dipakai diketahui keluaran Balenciaga.

Kim Kardashian jadi meme of the day gegara outfit tersebut. Banyak julukan yang diterimanya, namun netizen hampir sepakat bilang kalau tampilannya di Met Gala 2021 mirip hantu bayangan Dementor di Harry Potter.

Namun, gegara aksi tersebut banyak teori bermunculan alasan Kim tampil sedemikian anehnya. Banyak yang beranggapan kalau itu ada kaitannya dengan sampul album Kanye West 'Donda'.

 

3. Jual sepatu 'gembel'

Otak dari tim kreatif Balenciaga memang susah ditebak. Siapa yang punya pikiran untuk jual sepatu gembel kecuali Balenciaga?

Ya, Balenciaga pada pertengahan 2022 mengeluarkan koleksi sepatu butut yang harganya gak main-main, USD2.290 atau sekitar Rp34,5 jutaan, belum biaya pajak.

4. Baggy Bieber

Muse Balenciaga yang juga kontroversial adalah Justin Bieber. Untuk kampanye kali ini, rumah mode tersebut mengeluarkan koleksi Baggy Bieber yang disorot pecinta fashion.

Nama celananya adalah 'Y2K Baggy Jeans Bieber'. Potongan celana dibuat sangat besar dengan aksen sobekan 'asal' di bagian lutut. Warna dari jeans itu pun dibuat sangat natural dengan kesan lusuh.

5. Deklarasi bukan 'rumah couture'

Jauh sebelum ini, Balenciaga sejatinya memang brand fashion yang doyan bikin kegaduhan. Di 1968, Cristóbal Balenciaga, pendiri brand Balenciaga, memutuskan untuk menyetop produksi couture. Itu menjadi 'moment of truth' bahwa Balenciaga bukan lagi rumah bagi couture fashion.

Padahal, sebelumnya Balenciaga rutin mengeluarkan koleksi couture dan yang paling menyita perhatian adalah koleksi gaun malam Balenciaga (1968) dengan detail hemline miring yang cantik.

Gaun tersebut ketika dipakai berjalan akan menciptakan bentuk kerucut yang sempurna, sementara itu saat pemakainya diam, kain akan jatuh ke lipatan vertikal yang manis.

Meski kini di bawah kepemimpinan Denma sebagai Direktur Kreatif Balenciaga, rumah mode tersebut kembali menghidupkan couture dengan caranya sendiri. Future couture mereka menamainya, salah satu koleksinya adalah gaun serba hitam Kim Kardashian di Met Gala 2021.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News