Deretan Musisi Jazz Terbaik di AMI 2021: Dewa Budjana, Chandra Darusman dan Tohpati Bawa Pulang Penghargaan

Andaru Danurdana
Senin 15 November 2021 22:04 WIB
Deretan Musisi Jazz Terbaik di AMI 2021: Dewa Budjana, Chandra Darusman dan Tohpati Bawa Pulang Penghargaan
Musisi jazz Tohpati dan Dewa Budjana raih penghargaan pada ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2021. (Foto: Dok_MPI)

JAKARTA, celebrities.id – Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2021 kembali hadir di layar kaca. Kali ini, kategori musik jazz seperti Artis Jazz, Artis Jazz Kontemporer, dan Album Jazz Terbaik berhasil dimenangkan oleh Dewa Budjana dan album Maru dari Tohpati.

Dewa Budjana adalah musisi yang sejak tahun 1997 telah berkarya di blantika musik Indonesia. Di ajang AMI 2021 ini, Dewa dengan lagunya yang berjudul Swarna Jingga berhasil mengalahkan para musisi sekelas Barry Likumahuwa dan Gerald Situmorang dalam kategori Artis Jazz Terbaik.

Dari kategori Jazz Kontemporer, musisi Chandra Darusman yang berkolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo berhasil memenangkan piala berkat karya mereka yang berjudul Perjumpaan Kita. 

"Terima kasih kepada Dian sudah mau berkolaborasi dengan saya," ucap Chandra menerima penghargaan.

"Saya merasa beruntung banget bisa mengerjakan lagu ini bersama Om Chandra. Tentunya musik dan film akan selalu bisa berkolaborasi dengan harmonis," ucap Dian Sastro.

Sedangkan untuk kategori Album Jazz Terbaik, Tohpati berhasil meraih piala AMI 2021 dengan albumnya yang berjudul Maru. Di kategori ini, Tohpati sempat bersaing dengan musisi-musisi hebat sekelas Ardhito Pramono dan Irsa Destiwi yang juga sering mewarnai industri musik jazz tanah air.

AMI 2021 adalah ajang penghargaan musik yang diselenggarakan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia dan kini telah mencapai tahun ke-24. Di tahun ini, AMI mengusung tema ‘Spirit of Creativity’ alias Semangat Kreativitas yang tentunya berhasil dibawa oleh musisi-musisi berbakat di atas.

Editor : Andre Purwanto