Desa Wisata di Lumajang Usung Konsep Wisata Alam dan Amal, Khofifah: Harus Jadi Sumber Kebahagiaan

Lukman Hakim
Senin 31 Mei 2021 13:24 WIB
Desa Wisata di Lumajang usung konsep wisata alam dan amal. (Foto: celebrities.id/Kontributor)

LUMAJANG, celebrities.id - Desa Wisata di Lumajang baru saja mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Pasalnya, desa yang diusung oleh Desa Wisata Tirtosari Vies, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro ini mengusung konsep 'Wisata Alam dan Wisata Amal’ untuk menjadi pendukung Bromo Tengger Semeru.

Dari konsep ini, pendapatan yang diperoleh dari desa wisata tersebut akan didistribusikan untuk masyarakat yang berkontribusi bagi lingkungan sekitar. Seperti biaya operasional masjid, kemudian juga tunjangan bagi guru ngaji atau guru kontrak.

“Insya Allah ini jadi ladang amal jariyah bapak ibu, dan banyaknya rizki akan membawa keberkahan,” kata Khofifah saat meresmikan Produk Wisata Baru dan Festival Wisata Desa (FWD) di Desa Wisata Tirtosari View, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (30/5/2021) sore.

Menurutnya, konsep ini merupakan sebuah keunggulan yang dimiliki oleh masyarakat Desa Penanggal. Dia berharap, konsep ini bisa menjadi referensi bagi daerah wisata lain di Jatim maupun Indonesia. “Ini harus jadi sumber kerukunan, keguyuban  dan sumber kebahagiaan bagi masyarakat sekitar, ” katanya.

Di Desa Wisata Tirtosari View terdapat fasilitas seperti kolam renang yang airnya berasal dari mata air yang jernih dan tanpa kaporit, spot foto dalam air atau underwater, kolam koi dan nila, spot foto malam hari, serta kafe warna warni yang instagramable.

 

1
/
3