Detik-Detik Wapres Maruf Amin Angkat Keris, Resmikan Pembukaan ASEAN Para Games 2022

Binti Mufarida
Sabtu 30 Juli 2022 21:42 WIB
Detik-Detik Wapres Maruf Amin Angkat Keris, Resmikan Pembukaan ASEAN Para Games 2022
Detik-Detik Wapres Maruf Amin Angkat Keris, Resmikan Pembukaan ASEAN Para Games 2022. (Foto:celebrities.id/MPI Binti Mufarida)

SOLO, celebrities.id - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin resmi membuka ajang ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022) malam. Pembukaan ASEAN Para Games 2022 tersebut ditandai dengan pengangkatan keris.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim, ASEAN Para Games kesebelas 2022 saya nyatakan secara resmi dibuka,” kata Wapres Ma'ruf Amin saat membuka acara.

ASEAN Para Games XI 2022 merupakan ajang pertandingan olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara, yang diselenggarakan mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Wapres mengatakan ajang ASEAN Para Games sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

“Malam ini saya sangat gembira karena dapat hadir di Stadion Manahan, Surakarta untuk membuka acara yang istimewa ini," tutur Ma'ruf

ASEAN Para Games, kata Wapres merupakan ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna tentang kesetaraan.

“Kepada seluruh atlet, selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif,” katanya.

Wapres pun berharap, perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat.

“Saya juga berharap, ASEAN Para Games akan menjadikan Komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh,” tuturnya.

Perhelatan ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Para Atletik, Para Swimming, Para Badminton, Para Tenis Meja, Para Chess, Para Powerlifting, Boccia, Blind Judo, Goalball, Wheelchair Tennis, Para Archery, CP Football, Wheelchair Basketball, dan Sitting Volleyball.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra