Diet Sehat untuk Remaja 18 Tahun, Perhatikan Kebutuhan Gizi dan Kalorinya!

Oktiani Endarwati
Selasa 02 Agustus 2022 13:48 WIB
Diet Sehat untuk Remaja 18 Tahun, Perhatikan Kebutuhan Gizi dan Kalorinya!
Diet sehat untuk remaja 18 tahun tetap harus memperhatikan asupan kalori dan gizi. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.idDiet sehat untuk remaja 18 tahun boleh saja dilakukan khususnya bagi remaja yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengingat masa remaja merupakan masa untuk tumbuh dan berkembang di mana kebutuhan nutrisi masih perlu dipenuhi dengan baik.

Remaja membutuhkan banyak kalori untuk mendukung pertumbuhan mereka. Jumlah kalori yang dibutuhkan anak remaja bergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang mereka lakukan sehari-hari.

Di sisi lain, ada kebutuhan nutrisi yang sebaiknya dipenuhi oleh para remaja untuk proses tumbuh kembang, seperti vitamin D, kalsium, dan juga zat besi.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2022), mengenai diet sehat untuk remaja 18 tahun.

Diet Sehat untuk Remaja 18 Tahun

1. Penuhi Jumlah Kalori Harian

Mengutip dari laman Eat Right, untuk anak laki-laki membutuhkan rata-rata 2.800 kalori per hari, sedangkan anak perempuan membutuhkan rata-rata 2.200 kalori per hari.

Kebutuhan kalori setiap anak bisa berbeda tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan dan aktivitas sehari-hari. Jumlah kalori ini akan bertambah untuk mereka yang sangat aktif setiap harinya.

2. Penuhi Kebutuhan Zat Gizi

Diet yang sehat adalah diet yang tetap mengonsumsi asupan makanan yang bergizi dan seimbang. Pilih menu makanan yang sehat seperti nasi merah, roti gandung, atau oatmeal untuk mengganti nasi putih.

Selain itu, penuhi kebutuhan gizi dari makanan sayur dan buah-buahan untuk membantu tubuh merasa kenyang.

3. Kurangi Makanan yang Digoreng dan Bersantan

Diet sehat untuk remaja bisa dilakukan dengan cara mengurangi makanan yang digoreng dan bersantan. Makanan yang digoreng dan bersantan mengandung lemak jahat yang berdampak buruk pada tubuh.

 

1
/
2