Dijamin Tak Lagi Buram, WhatsApp akan Permudah Pengguna Kirim Gambar dengan Kualitas Asli

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Selasa 24 Januari 2023 07:39 WIB
Dijamin Tak Lagi Buram, WhatsApp akan Permudah Pengguna Kirim Gambar dengan Kualitas Asli
Pengguna WhatsApp bakal bisa kirim foto dan gambar dengan ukuran asli. (Foto: celebrities.id/The Verge)

JAKARTA, celebrities.id - Aplikasi kirim pesan instan WhatsApp dikabarkan akan membuat penggunanya dapat mengirimkan gambar dengan kualitas asli. Artinya, foto yang pengguna kirim, tidak akan beresolusi lebih kecil dan bikin tampak lebih buram.

Ya, tentunya ini menjadi kabar gembira bagi para pengguna WhatsApp khususnya yang memiliki kebutuhan untuk pertukar pesan gambar. WhatsApp nantinya akan memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dengan kualitas penuh, tanpa harus khawatir tentang kompresi gambar, jika kode yang ditemukan dalam versi beta terbaru dari aplikasi Android bisa digunakan.

Seperti yang dikutip dari The Verge, Selasa (24/1/2023), WABetaInfo melaporkan, bahwa terdapat opsi baru yang memungkinkan pengguna mengirim gambar dalam kualitas aslinya.

Meski WhatsApp telah memungkinkan pengguna memilih antara otomatis, kualitas terbaik, dan penghemat data, kini platform tersebut tidak mengizinkan pengguna mengirim foto dalam ukuran resolusi aslinya.

Sebagai gantinya, gambar-gambar atau foto dikompresi, bahkan saat pengguna memilih kualitas terbaik untuk transfer data lebih cepat yang menghabiskan lebih sedikit ruang penyimpanan.

WABetaInfo menyebutkan, bahwa fitur baru tersebut termasuk beta dalam WhatsApp untuk Android 2.23.2.11, namun tengah dikembangkan. Karena itu belum tersedia untuk penguji beta.

Selain itu, WABetaInfo menemukan terdapat fitur pengaturan kualitas foto baru di dalam header alat gambar, berbeda dengan pembaruan ynag sebelumnya memperkenalkan konfigurasi kualitas yang bisa disesuaikan untuk pengguna WhatsApp.

Namun, tidak disebutkan apakah fitur baru tersebut pun nantinya akan diperluas ke video yang dikirim lewat WhatsApp.

Jika tidak ada fitur untuk mengirim video ukuran asli, masih ada solusi yang memungkinkan pengguna menghindari WhatsApp mengompresi konten mereka, dengan mengubah ekstensi file untuk mengirimkannya sebagai dokumen, dibanding sebagai gambar atau video.

Sayangnya, untuk fitur pengiriman gambar yang tidak dikompresi tersebut, WhatsApp belum memberikan pengumuman kapan bisa dirilis secara global.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News