Dinas Ketahanan Pangan Periksa Hewan Kurban di DKI Jakarta Gegara Wabah PMK, Ini Hasilnya 

Rizky Syahrial
Kamis 23 Juni 2022 08:05 WIB
Dinas Ketahanan Pangan Periksa Hewan Kurban di DKI Jakarta Gegara Wabah PMK, Ini Hasilnya 
Hewan Kurban di Jakarta diperiksa Dinas Ketahanan Pangan jelang Idul Adha terkait wabah PMK. (Foto: MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Pusat (Sudin KPKP Jakpus) melakukan pemeriksaan ke tempat penampungan hewan kurban jelang Idul Adha di Bakul Qurban Manhalun, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakpus, Herawati mengatakan pemeriksaan ini bertujuan dalam kewaspadaan dini terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Hasil pemeriksaan 12 ekor Sapi dan 60 ekor kambing di sini sehat semua sudah melalui izin pemasukan hewan ternak di Jak Evo," ujar Herawati di Website Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Herawati menjelaskan penjualan hewan kurban harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan DKI Jakarta, dalam hal ini pedagang harus melakukan proses pendaftaran izin pemasukan hewan ternak melalui Jak Evo.

"Penjual hewan kurban ada persyaratannya yang meliputi NIP, NPWP, surat pernyataan dari pejabat otoritar veteriner asal hewan ternak, untuk tempat penampungan atau penjualan harus sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota ataupun memiliki surat dari kelurahan," tuturnya.

 

1
/
2