Dishub Bekasi Wajibkan Karyawan PO Bus Pakai Seragam, Buntut dari Meningkatnya Praktik Percaloan

Jonathan Simanjuntak
Jumat 13 Mei 2022 23:15 WIB
Dishub Bekasi Wajibkan Karyawan PO Bus Pakai Seragam, Buntut dari Meningkatnya Praktik Percaloan
Dinas Perhubungan Kota Bekasi pun turun tangan untuk mewajibkan setiap karyawan memakai seragam PO busnya masing-masing. (Foto: celebrities.id/Nur Khabibi)

BEKASI, celebrities.id - Calo di Terminal Bekasi membuat resah masyarakat pascaviral adanya dugaan pemerasan dan pemaksaan terhadap calon penumpang. Mengatasi hal tersebut Dinas Perhubungan Kota Bekasi pun turun tangan untuk mewajibkan setiap karyawan memakai seragam PO busnya masing-masing.

"Kami juga meminta kepada agen bus ataupun PO bus, ke depannya agar menggunakan seragam masing-masing dan menolak penumpang dari para calo itu sendiri," kata Plt. Kasie Bina Terminal Bidang Angkutan Dishub Kota Bekasi, Andarias Sora saat melakukan sosialisasi terhadap PO bus di Bekasi, Jumat (13/5/2022).

Menurut Sora, seragam tersebut menjadi tanda agar masyarakat dapat membedakan mana calo dan mana yang karyawan resmi. Selain itu, karyawan nakal nantinya bakal mudah diidentifikasi apabila melakukan tindakan tidak sesuai.

"Bilamana ada hal-hal yang mereka lakukan mudah untuk kita menindaklanjutinya," tuturnya.

Sora memastikan pihaknya juga akan segera melakukan perbaikan fasilitas di Terminal Bekasi. Misalnya, pemasangan CCTV di akses keluar masuk terminal dan titik-titik strategis lainnya.

"Nanti insya Allah pada triwulan kedua ini, termasuk rehabilitasi gedung, rehabilitasi papan jurusan, semua yang ada di terminal akan diperbaiki," katanya.

Editor : Andre Purwanto