Ditengarai Memiliki Efek Samping Serius, Kemenkes Pastikan Vaksin AstraZeneca Aman

Muhammad Sukardi
Kamis 10 Juni 2021 22:14 WIB
Kemenkes pastikan vaksin AstraZeneca aman untuk masyarakat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - DKI Jakarta sudah mulai melakukan vaksinasi untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas. Masyarakat ibu kota pun antusias dengan kebijakan ini meski banyak pula yang masih ragu.

Keraguan muncul karena banyaknya informasi yang mengatakan vaksin AstraZeneca ini memiliki efek samping serius yang berbahaya. Terlebih kasus kematian pasca vaksinasi AstraZeneca beberapa waktu lalu muncul sekalipun sudah diklarifikasi Komnas KIPI bahwa itu tak ada kaitannya dengan vaksin.

Supaya masyarakat yakin mendapatkan vaksin AstraZeneca, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa vaksin ini aman dan jangan ragu untuk menerimanya.

"Sampai saat ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih belum mengubah rentang usia penggunaan vaksin AstraZeneca, jadi tenang, vaksin ini aman," kata Siti Nadia pada MNC Portal, Kamis (10/6/2021).

Ya, dalam pernyataan resmi Kemenkes di laman Sehat Negeriku dijelaskan bahwa vaksin AstraZeneca diberikan kepada sasaran dengan usia minimal 18 tahun sebanyak dua dosis dengan 0,5 ml setiap dosisnya secara intramuscular dengan interval 8 hingga 12 minggu dari dosis pertama.

 

1
/
2