Diterpa Masalah Ekonomi Global, e-Commerce Indonesia Perkuat Strategi bagi Pengguna dan Penjual

Icon CameraRizqa Leonny Putri
Rabu 18 Januari 2023 08:30 WIB
Diterpa Masalah Ekonomi Global, e-Commerce Indonesia Perkuat Strategi bagi Pengguna dan Penjual
Industri e-commerce di Indonesia perkuat strategi bagi pengguna dan penjual. (Foto: dok. Freepik/rawpixel)

JAKARTA, celebrities.id - Tahun 2022 lalu telah menjadi tantangan berat bagi sejumlah perusahaan teknologi yang menyebabkan terjadinya pasang surut dalam menjalankan bisnisnya. Kondisi tersebut membuat sejumlah perusahan e-commerce berbenah untuk memperkuat strategi dalam menghadapi kondisi ekonomi global yang tak menentu.

Mereka mulai melakukan berbagai perubahan dan membuat langkah-langkah strategis untuk dapat tetap bertahan dan berkembang. Hal ini dilakukan karena e-commerce memiliki peran penting terhadap pengguna dan juga keberlangsungan bisnisnya.

Skema strategi yang dilakukan bukan hanya menghadirkan berbagai promo serta diskon terbaik untuk menarik pengguna, tetapi juga menjadi wadah untuk para penjual agar tetap bertahan menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Jika menelisik lebih dalam mengenai kompetisi para pemain utama e-commerce di Indonesia pada 2022, terutama di tengah kondisi ekonomi global tak menentu dan berbagai perubahan strategi yang telah dilakukan, siapakah e-commerce yang unggul dan menjadi jawara pilihan pengguna dan penjual di Indonesia?

Seperti yang diketahui, Shopee, Tokopedia, dan Lazada terus mendominasi pasar e-commerce Tanah Air. Berdasarkan data App Annie Sepanjang 2022, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store, juga menjadi platform belanja online nomor 1 dalam jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

Pernyataan tersebut semakin diperkuat dengan data dari SimilarWeb, dimana Shopee adalah marketplace dengan pengunjung website tertinggi dengan rata-rata 181 juta pengunjung per bulannya padaĀ tiga bulan terakhir (Oktober - Desember 2022).

Artinya Shopee telah memimpin jauh dengan rata-rata selisih 46 juta pengunjung per bulannya, dari Tokopedia, yang menempati posisi kedua dengan rata-rata 135 juta pengunjung per bulannya.

Diagram jumlah pengunjung per bulan. (Foto: dok SimilarWeb)

Data tersebut selaras dengan beberapa hasil riset yang dilakukan pada kuartal IV 2021 hingga 2022 kemarin. Di awal 2022, Ipsos merilis hasil riset persaingan dalam industri e-commerce, dimana Shopee menduduki peringkat pertama pada empat penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
3