Keutamaan Doa Qunut, Lengkap dengan Bacaan dan Artinya

Novie Fauziah
Senin 10 Januari 2022 20:03 WIB
Keutamaan Doa Qunut, Lengkap dengan Bacaan dan Artinya
Doa qunut menjadi bacaan yang lazim dibaca saat salat Subuh serta pada momen tertentu. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Doa qunut menjadi bacaan yang lazim dibaca saat salat Subuh. Ada dua macam doa qunut, salah satunya adalah qunut nazila.

Baik doa qunut yang umum dibaca setiap salat subuh maupun qunut nazila memiliki keutamaan dan keistimewaan. Misalnya, qunut nazila dibaca agar dijauhkan dari segala musibah.

"Doa qunut yang dibaca ketika Sholat Subuh dan qunut nazila keduanya berbeda," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, makna qunut (ุงู„ู’ู‚ูู†ููˆู’ุชู) berasal dari kata qonata (ู‚ูŽู†ูŽุชูŽ) yang artinya tunduk patuh. Qunut juga berarti berdiri lama, diam, tafakur, taat, doa dan khusyuk.

"Dalam Mu'jam Maqayisul Lughah, Ibnu Zakaria memahami asal arti qunut menurut bahasa adalah taat, tunduk dan istiqamah di jalan yang diridhai Allah SWT," tuturnya.

Kemudian, keutamaan membaca doa qunut sangat luas dan komplit, segala Hajat dan kebutuhan sebagai seorang manusia di sebutkan dalam kalimat doa qunut, yaitu di antaranya:

Pertama, agar selalu memperoleh petunjuk oleh Allah SWT.

ย 

1
/
3