Doa Terlindung dari Musibah Gempa Bumi, Lazim Dibaca Khatib saat Khutbah Jumat

Icon CameraNovie Fauziah
Jumat 25 November 2022 22:09 WIB
Doa Terlindung dari Musibah Gempa Bumi, Lazim Dibaca Khatib saat Khutbah Jumat
Berikut ini adalah doa meminta perlindungan dari bencana yang biasa dibaca khatib saat salat Jumat. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, hingga kini masih dilanda sejumlah gempa susulan. Hal ini membuat masyarakat di Cianjur harus bersabar dan tetap berdoa agar dilindungi oleh Allah SWT.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin mengatakan, ketika bencana alam tiba seperti gempa bumi, tsunami, angin puting beliung hingga banjir seperti yang melanda Kabupaten Cianjur saat ini, baiknya mengingat Allah SWT.

Dia menuturkan, setiap musibah karena ada sebabnya. Dia itu adalah ujian yang diberikan Allah kepada umatNya di dunia.

"Jika ada bencana di suatu tempat, maka ada tiga kemungkinan yang terjadi," ujarnya saat dihubungi MNC Portal.

Tiga kemungkinan itu adalah :

1. Jika dia adalah seorang Mukmin, itu jelas ujian dari Allah.

2. Jika terjadi pada orang Islam tapi fasik atau masih suka maksiat, bencana itu bisa jadi teguran. Agar sadar dan bertaubat.

3. Jika bencana menimpa orang yang tidak beriman bisa jadi itu peringatan (warning) atau bahkan azab yang ditimpakan Allah di dunia.

Seperti dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 155 yaitu:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Wa lnabluwannakum bisyai`im minal-khaufi wal-jụ'i wa naqṣim minal-amwāli wal-anfusi waṡ-ṡamarāt, wa basysyiriṣ-ṣābirīn

Artinya: "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,"

 

1
/
2