Dokter Jelaskan Pentingnya Asupan Vitamin dan Mineral bagi Anak, Cegah Anemia hingga Stunting

Icon CameraLeonardus Selwyn Kangsaputra
Rabu 25 Januari 2023 18:18 WIB
Dokter Jelaskan Pentingnya Asupan Vitamin dan Mineral bagi Anak, Cegah Anemia hingga Stunting
Dokter Jelaskan Pentingnya Asupan Vitamin dan Mineral bagi Anak, Cegah Anemia hingga Stunting. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Stunting masih menjadi permasalahan di Indonesia. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan masih tingginya angka stunting di Indonesia, di antaranya masih buruknya status gizi anak Indonesia.

Selain itu kasus kurang darah atau anemia juga menyumbang banyaknya kasus stunting yang terjadi. Tercatat sekitar satu dari tiga anak berusia di bawah lima tahun di Indonesia mengalami anemia. Kasus anemia ini sebagian besar disebabkan karena kurangnya zat besi.

Kondisi ini juga diperparah dengan masih kurangnya konsumsi protein masyarakat Indonesia termasuk dalam hal konsumsi daging, telur, susu maupun produk turunannya. Hal tersebut berdampak pada 47.5 persen anak usia di bawah dua tahun yang belum mengonsumsi makanan gizi seimbang terutama protein.

Menanggapi masalah ini, Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A(K) mengatakan penting untuk dipahami bahwa mikronutrien merupakan vitamin dan mineral yang berperan dalam proses tumbuh kembang anak serta membantu menjaga kesehatan anak, baik fisik maupun kognitif.

"Vitamin dan mineral untuk anak yang dimaksud diantaranya seperti zat besi, kalsium, atau vitamin A, B, C, atau D. Berbagai vitamin dan mineral ini memungkinkan tubuh untuk memproduksi enzim, hormon, dan zat lain yang dibutuhkan tubuh untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal," kata dr. Cut, dalam Webinar Hari Gizi Nasional 2023, Rabu 25 Januari 2023.

Dokter Cut menambahkan, bila kebutuhan mikronutrien ini tidak terpenuhi, anak menjadi lebih rentan terhadap penyakit serta memiliki perkembangan fisik dan kemampuan kognitifyang buruk.

"Beberapa masalah kesehatan yang terkait defisiensi mikronutrien tertentu pun bisa terjadi. Misalnya, anemia pada anak akibat kekurangan zat besi, hingga stunting dan bahkan bisa menyebabkan hidden hunger," katanya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News