Dorna Terpaksa Ubah Jadwal MotoGP Jepang 2022, Kenapa?

Andhika Khoirul Huda
Kamis 23 Juni 2022 22:14 WIB
Dorna Terpaksa Ubah Jadwal MotoGP Jepang 2022, Kenapa?
Dorna terpaksa ubah jadwal MotoGP Jepang 2022, kenapa? (Foto: celebrities.id/motogp.com)

PARIS, celebrities.idMotoGP Jepang kembali hadir pada musim 2022 setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19.

Akan tetapi, FIM, IRTA dan Dorna Sports selaku pihak penyelenggara terpaksa mengubah sedikit jadwal seri yang akan digelar pada 23-25 September 2022.

Alasan utamanya adalah untuk mengantisipasi keterlambatan logistik ke Sirkuit Motegi pada hari pertama alias Jumat. Sebab, pecahnya perang antara Rusia dan Ukraina berdampak pada ketersediaan pesawat kargo yang berpotensi menimbulkan masalah lebih lanjut.

Seperti diketahui, keterlambatan logistik sebelumnya pernah terjadi musim ini di MotoGP Argentina 2022. Saat itu, salah satu pesawat kargo yang disewa mengalami masalah teknis sehingga beberapa tim mengalami keterlambatan pengiriman logistik di Kenya ketika membawa barang dari Indonesia.

Insiden tersebut pun memaksa MotoGP Argentina 2022 tidak menggelar sesi hari pertama pada Jumat seperti yang biasa dilakukan pada seri-seri lainnya. Oleh karena itu, untuk mencegah kejadian serupa terjadi lagi, pihak penyelenggara mengubah sedikit jadwal hari Jumat MotoGP Jepang 2022.

Perubahannya yakni tidak adanya sesi latihan bebas satu (FP1) yang biasa digelar pada Jumat pagi. Sebagai gantinya, FP1 akan berlangsung pada Jumat sore hari dan FP3 pada hari Sabtu berubah menjadi FP2.

Hasil dari FP1 dan FP2 akan digabungkan dan menjadi patokan untuk menentukan urutan masuk ke dalam kualifikasi. Selain itu, FP1 MotoGP juga akan diperpanjang dari 45 menit menjadi 75 menit, sedangkan waktu sesi Moto2 dan Moto3 akan berjalan menjadi 40 menit.

Hal itu diketahui dari pernyataan yang dirilis di laman resmi MotoGP pada Kamis (23/6/2022).

“FIM, IRTA dan Dorna Sports wajib mengumumkan perubahan jadwal Jumat di Grand Prix Jepang. Karena tantangan logistik yang ditimbulkan oleh Grand Prix yang dipentaskan secara berurutan dengan Grand Prix Aragon, serta potensi penundaan yang disebabkan oleh konflik yang sedang berlangsung di Ukraina dan pengaruhnya terhadap wilayah udara, telah diputuskan untuk tidak dijalankan sesi latihan untuk kelas grand prix – MotoGP, Moto2 dan Moto3 – pada Jumat pagi,” tulis pernyataan MotoGP.

“Sebaliknya, Moto3 FP1 akan dimulai pada 13:15 waktu setempat (5:15 BST), Moto2 pada 14:10 dan MotoGP pada 15:05. Sesi FP1 MotoGP tunggal yang nanti akan berlangsung pada Jumat sore telah diperpanjang dari 45 sampai 75 menit. Perpanjangan waktu hanya untuk kelas utama. Hasil gabungan untuk masuk ke Q1 dan Q2 akan diambil dari FP1 dan FP2 untuk semua kelas Grand Prix,” tulis pernyataan MotoGP.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra