DRRC UI Kolaborasi dengan Kemenparekraf, Terapkan CHSE dan Mitigasi Bencana di Desa Wisata Gunung Padang

Muhammad Refi Sandi
Jumat 23 September 2022 07:56 WIB
DRRC UI Kolaborasi dengan Kemenparekraf, Terapkan CHSE dan Mitigasi Bencana di Desa Wisata Gunung Padang
Situs Gunung Padang, Jawa Barat. (Foto: celebrities.id/Instagram @m.alvns)

JAKARTA, celebrities.id - Disaster Risk Reduction Center (DRRC) Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dalam mengimplementasikan CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment) serta Mitigasi Bencana di Desa Wisata (DeWi) Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat.

Ketua Disaster Risk Reduction Center (DRRC) Universitas Indonesia (UI) Fatma Lestari mengatakan, pengimplementasian CHSE dan Mitigasi Bencana guna mewujudkan DeWi Situs Gunung Padang Berkelas dunia.

"Peluncuran hibah Matching Fund Kedaireka UI-Kemenparekraf dengan judul Mewujudkan Desa Wisata ber kelas dunia melalui Implementasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment) serta Mitigasi Bencana telah dilaksanakan di Desa Wisata Situs Gunung Padang," kata Fatma dalam keterangannya dikutip, Jumat (23/9/2022).

Fatma menambahkan bahwa pengimplementasian CHSE dan mitigasi bencana juga sebagai upaya membuat sistem informasi DeWi dan analisis dampak bencana.

"Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk melakukan identifikasi Risiko HSE & Bencana, membuat modul & online learning aspek CHSE & Bencana untuk Desa Wisata, memberikan donasi peralatan HSE & Bencana, serta membuat Sistem Informasi Desa Wisata dan analisis Dampak Bencana," ujar Fatma.

Lebih lanjut, Fatma berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di DeWi terkait CHSE dan mitigasi bencana.

 

 "Kegiatan ini juga melibatkan Dosen, mahasiswa, dan alumni K3 FKM UI, Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) UI. Diharapkan dari kegiatan ini, terjadi peningkatan kompetensi SDM di Desa Wisata terkait CHSE & Mitigasi Bencana," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menganugerahkan desa wisata terbaik untuk Situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur. Penganugerahan tersebut guna pemulihan perekonomian melalui sektor pariwisata.

DRRC UI terapkan CHSE dan mitigasi bencana di Desa Wisata Gunung Padang, kolaborasi dengan Kemenkraf. (Foto: celebrities.id/DRRC UI)
DRRC UI terapkan CHSE dan mitigasi bencana di Desa Wisata Gunung Padang, kolaborasi dengan Kemenkraf. (Foto: celebrities.id/DRRC UI)

Sandiaga juga akan melakukan pendampingan berupa bantuan permodalan pembiayaan sampai pemasaran produk-produk setempat sehingga angka kunjungan ke Situs Gunung Padang bisa meningkat serta perekonomian masyarakat kembali menggeliat.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kemenparekraf. Program tersebut diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Salah satu desa wisata terbaik, yakni Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, yang memiliki Situs Megalitikum Gunung Padang, sebagai salah satu tempat wisata terbaik. Mengingat di desa tersebut, terdapat banyak potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya situs tersebut yang merupakan salah satu cagar budaya nasional berupa bangunan punden berundak berukuran paling besar dan tertua se-Asia Tenggara.

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno disambut dengan berbagai kesenian khas Jawa Barat. Sandi langsung naik ke puncak Gunung Padang untuk memberikan anugerah serta menandatangani prasasti anugerah 50 besar Apresiasi Desa Wisata Indonesia tahun 2022. Hal itu sebagai bentuk pemulihan cepat perekonomian melalui sektor pariwisata Gunung Padang.

"Kami berharap, pemberian anugerah tersebut akan menjadikan sektor pariwisata lebih maju dalam membangkitkan kembali perekonomian yang sempat terpuruk selama pandemi," kata Sandiaga.

Editor : Lisvi Padlilah