Ed Sheeran Menang atas Gugatan Plagiat Lagu Thinking Out Loud: Aku Tak Perlu Pensiun

Icon CameraAnnastasya Rizqa
Jumat 05 Mei 2023 13:05 WIB
Ed Sheeran Menang atas Gugatan Plagiat Lagu Thinking Out Loud: Aku Tak Perlu Pensiun
Ed Sheeran girang terbukti tak lakukan plagiasme pada lagu Thinking Out Loud. (Foto: celebrities.id/BBC)

JAKARTA, celebrities.id - Penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran akhirnya memenangkan persidangan atas tuntutan dugaan plagiarisme lagu 'Let’s Get It In' milik musisi Marvin Gaye

Dugaan plagiat tersebut dialamatkan keluarga Gaye atas salah satu tembang hits milik Es Sheeran, "Thinking Out Loud."

Setelah menjalani persidangan di Pengadilan Federal Manhattan, New York, Ed Sheeran pun dinyatakan tak bersalah. Pihak Pengadilan Amerika Serikat pun menyatakan pelantun "Perfect" itu terbukti tak menjiplak untuk lagu yang dia rilis 2014 lalu.

Putusan itu sontak membuat penyanyi 32 tahun itu lega. Artinya, dia juga terbebas dari janji akan berhenti sebagai musisi jika terbukti salah.

“Aku sangat bahagia dengan hasil dari kasus ini, dan sepertinya aku tidak perlu pensiun dari pekerjaanku,” kata Sheeran, dilansir New York Times, Jumat (5/5/2023).

Sheeran mengaku sempat frustasi dengan tuntutan tersebut, terlebih karena hal ini sudah sampai ke ranah hukum.

Namun, Sheeran tetap menghadapi tuduhan tersebut dan meyakini dirinya tak bersalah dan tidak melakukan penjiplakan apapun.

“Di waktu yang sama, aku benar-benar frustasi karena klaim tidak mendasar ini diizinkan ke pengadilan,” ucapnya.

“Aku hanya seorang laki-laki dengan gitar yang suka menulis musik agar orang-orang bisa menikmatinya. Aku tidak akan pernah mengizinkan diriku untuk menjadi celengan bagi siapa pun untuk diguncang,” tutur Sheeran.

Sebagai informasi, Kathryn Townsend Griffin, putri rekan penulis Gaye, Ed Townsend, menuduh Sheeran melakukan pelanggaran hak cipta. Sheeran disebut mencuri sejumlah elemen di lagu "Let's Get It On" milik mendiang musisi Marvin Gaye di lagu milik Sheeran, "Thinking Out Loud."

Rekan penulis Heirs of Gaye berpendapat bahwa Sheeran, Warner Music Group, dan Sony Music Publishing berutang uang kepada mereka atas pelanggaran hak cipta untuk lagu "Thinking Out Loud".

Setelah dituntut, Ed Sheeran sempat melontarkan kalimat untuk pensiun dari dunia musik jika dirinya terbukti bersalah. Kini, ia pun mengaku lega karena tak perlu meninggalkan karier bermusiknya karena tak terbukti melakukan plagiat.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.