Edit Wajah Mendiang Jonghyun, Oliver Tree Diamuk KPopers

Andaru Danurdana
Senin 11 Oktober 2021 11:58 WIB
Edit Wajah Mendiang Jonghyun, Oliver Tree Diamuk KPopers
Oliver Tree mengedit wajah mendiang Jonghyun dan dihujat Kpopers. (Foto: celebrities.id/Allkpop)

SEOUL, celebrities.id - Oliver Tree menuai kontroversi di dunia musik Korea Selatan. Pasalnya, penyanyi solo itu mengedit foto pemakaman Jonghyun untuk mempromosikan turnya.

Oliver Tree sempat dicerca oleh mayoritas fans KPop akibat cara mempromosikan tur perpisahannya, Goodbye Farewell Tour, dianggap melecehkan berita duka seseorang. Oliver mengedit foto pemakaman Jonghyun dan mengganti wajah sang mendiang idol dengan wajahnya. 

Foto editan ini pun dia unggah ke bagian Community Tab di YouTube dengan caption yang mengucapkan selamat tinggal pada potongan rambutnya yang ikonik dan unik.

“Semoga tenang cukuran mangkokku,” tulisnya.

Tak perlu waktu lama, foto editan ini langsung menuai kontroversi karena para fans merasa bahwa Oliver telah melakukan sebuah tindakan penghinaan pada kematian seseorang. 

Mengedit foto pemakaman betulan dan bukan foto stok, Oliver pun akhirnya menghapus unggahan tersebut meski hingga saat ini Ia belum melayangkan permintaan maaf secara terbuka.

Walau foto yang digunakan oleh Oliver terlihat meriah dengan warna-warni bunga yang mencolok, kisah di balik pemakaman ini sama sekali tak memiliki kemeriahan yang sama. 

Jonghyun adalah seorang anggota boy group Shinee yang berkarir sejak tahun 2008 silam. Sayangnya, karena depresi, Jonghyun mengakhiri hidupnya lebih awal dengan cara mengurung dirinya dalam ruangan penuh asap hingga nyawanya melayang.

Kepergian Jonghyun pada tahun 2017 pun memukul banyak fans dan non-fans yang mengerti kerasnya industri KPop dalam beberapa dekade ini.

Berita idol bunuh diri bukan lagi sesuatu yang asing, dan meski hingga saat ini ada banyak pihak yang berusaha mencegah hal tersebut, tak bisa dipungkiri bahwa segala tekanan yang didapat para idol membuat tragedi ini hampir tak terelakkan.

Setelah dua tahun kontroversi foto editan Oliver mereda, perbuatan bodoh ini pun kembali muncul ke permukaan ketika Oliver kembali populer di dunia hiburan dengan lagu Life Goes On. 

Para fans yang dulu belum sempat mengamuk kepada Oliver pun kini mendapat kesempatan untuk meminta permintaan maaf dari sang musisi yang hingga kini masih belum muncul juga.

Editor : Dhita Seftiawan