Efek Drama The Glory, Netizen Mulai Ungkap Tindakan Kekerasan dan Bully di Sekolah

Icon CameraLisvi Padlilah
Selasa 10 Januari 2023 13:49 WIB
Efek Drama The Glory, Netizen Mulai Ungkap Tindakan Kekerasan dan Bully di Sekolah
Efek drama The Glory, netizen mulai berani suarakan kasus kekerasan dan bullying di sekolah. (Foto: celebrities.id/Netflix)

SEOUL, celebrities.id - Serial Kdrama “The Glory” bagian pertama menuai beragam respons positif dari netizen, terutama karena ceritanya yang kuat tentang perundungan. Kini, isu bullying menjadi topik hangat di Korea Selatan.

Sekadar diketahui, The Glory merupakan serial yang menceritakan rencana balas dendam seorang korban perundungan di sekolah bernama Moo Dong Eun (Song Hye Kyo). Selama 10 tahun dia Hidup dalam trauma dan kebencian.

Drama tersebut sukses dirilis dan diminati para pencinta Kdrama.Bahkan, beberapa bintang pendukungnya pun mendapat popularitas yang meningkat tajam.

Hal positif lainnya, banyak kasus kekerasan di sekolah menjadi pembahasan. Tak sedikit juga netizen yang turut mengungkap kasus perundungan di sekolah mereka. Termasuk kasus kekerasan di Cheongju pada 2006 silam yang mendapat perhatian publik.

Apalagi, ada kemiripan dalam adegan di drama dengan apa yang dialami korban, yakni dibakar dengan pengeriting rambut. Banyak yang mengira jika adegan itu terinspirasi dari kasus Cheongju.

Aktor Thailand Om Pawat meminta maaf pernah menjadi pembuli, terinspirasi drama The Glory. (Foto: celebrities.id/Om Pawat)
Aktor Thailand Om Pawat meminta maaf pernah menjadi pembuli, terinspirasi drama The Glory. (Foto: celebrities.id/Om Pawat)

Selain itu, sebuah kasus kekerasan sekolah yang terjadi pada 2020 juga kembali ditinjau ulang. Park -nama korban- dibakar kakinya menggunakan kembang api ulang tahun karena dianggap menyenangkan oleh para pembully. Hasilnya, Park menderita luka bakar 40 persen. 

Park juga mencoba membawa kasusnya ke pengadilan. Namun, selama dua tahun berjalan, di hanya menderita tanpa mendapat keadilan. Hal yang sama menjadi bagian dari kisah Moon Dong Eun di dalam drama. Dia diabaikan. Semua orang menutup mata pada ketidak adilan yang dia termina.

Melansir Kbizoom, Selasa (10/1/2023), kini banyak netizen yang secara berani mengungkap kysal perundungan yang dia alami di media sosial. Bahkan, tren ini menyebar ke negara kawasan Asia lainnya. Sebut saja di Thailand, tagar #ThaiGlory menjadi trending di media sosial. Tagar itu digunakan untuk mengekspos masa lalu dan kondisi saat ini mengenai perundungan di sekolah.

Tren tersebut semakin berpengaruh saat aktor Ohm Pawat mengaku telah melakukan tindakan bullying terhadap temannya dengan spectrum autism. Dia lantas meminta maaf atas tindakannya di masa lalu.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News