Efek Samping Suntik Putih yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bikin Sel Kulit Rusak

Oktiani Endarwati
Senin 23 Mei 2022 14:57 WIB
Efek Samping Suntik Putih yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bikin Sel Kulit Rusak
Efek samping suntik putih perlu kamu ketahui karena berbahaya bagi kulit. (Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.idEfek samping suntik putih perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Meski bisa membuat kulit putih dan cerah berseri dengan cepat, namun metode ini tidak sepenuhnya aman bagi tubuh.

Suntik putih adalah salah satu perawatan kecantikan yang dilakukan dengan memasukkan cairan tertentu ke pembuluh darah atau otot di bawah kulit untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Umumnya, cairan yang dimasukkan mengandung salah satu atau kombinasi dari bahan-bahan, seperti tranexamic acid, glutathione, vitamin E, dan vitamin C.Namun, apabila dosis yang digunakan terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Apa saja efek samping suntik putih?

Berikut celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Senin (23/5/2022) mengenai efek samping suntik putih.

Efek Samping Suntik Putih

1. Kerusakan sel kulit

Dosis yang terlalu tinggi yang masuk melalui suntik putih bisa menyebabkan rusaknya melanin. Melanin merupakan pigmen pemberi warna pada kulit yang juga berfungsi melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Perlu diingat, suntik putih dapat menurunkan produksi melanin dalam tubuh maka risiko kulit sensitif terhadap sinar ultraviolet (UV) bisa terjadi.

2. Gangguan masalah kulit

Penggunaan dosis yang tinggi dalam suntik putih dapat menimbulkan efek samping seperti luka, peradangan, iritasi, perbedaan warna, kulit mengelupas, hingga hiperpigmentasi. Bahkan beberapa orang yang melakukan suntik putih mengalami iritasi dan alergi kulit. Biasanya gejala tersebut terlihat dari kulit yang kemerahan, kulit kering, mengelupas, gatal, panas, hingga terjadi pembengkakan.

3. Area kulit terasa nyeri

Efek samping suntik putih juga bisa membuat area kulit yang disuntik terasa nyeri dan memar. Beberapa kasus bahkan bisa terjadi pendarahan, hematoma, hingga jaringan parut dapat terjadi. Efek samping lainnya dari suntik putih adalah dapat mengakibatkan efek samping seperti sepsis dan anafilaksis.

4. Gangguan metabolisme

Dosis penggunaan yang berlebihan akan berefek pada tubuh karena dapat mengendap di dalam tubuh. Jika dibiarkan dalam jangka Panjang maka dapat mengganggu metabolisme tubuh.

 

1
/
2