Ekonomi Membaik, Ramadhan hingga Paska Lebaran Penjualan Sepeda Motor Diprediksi Naik 

Arif Budianto
Senin 25 April 2022 12:00 WIB
Ekonomi Membaik, Ramadhan hingga Paska Lebaran Penjualan Sepeda Motor Diprediksi Naik 
Ilustrasi motor. (Foto: celeberities.id/Pexels sahil Patel)

BANDUNG, celebrities.id - Penjualan sepeda motor pada momen Ramadhan diprediksi naik.  Hal ini seiring dengan membaiknya ekonomi masyarakat. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan domestik sepeda motor sepanjang Maret 2022 mencapai lebih dari 450 ribu unit. 

Angka penjualan ini meningkat 22 persen (mtm) dibandingkan Februari 2022, yang memperoleh sekitar 368 ribu unit atau selisih 82.502 unit. Penjualan sepeda motor pada Maret 2022 ini masih minus 14 persen year on year (yoy) jika dibandingkan penjualan tahun lalu sebanyak 521.420 unit motor.

Kepala Cabang Yamaha Deta Bekasi, Panji mengatakan, momen kenaikan penjualan sepeda motor biasanya terjadi mulai Ramadhan hingga usai lebaran serta menjelang akhir tahun. 

"Dalam 1 tahun ada 2 bulan tren naik yakni paska lebaran dan akhir tahun. Rata-rata kenaikan di kisaran 15%-20%," kata Panji. 

Untuk menggenjot penjualan, Yamaha Deta Bekasi menyediakan promo penjualan yakni R15 V3 tahun rakitan 2021 diskon sampai dengan Rp6 juta. Kemudian, motor WR tahun rakitan 2021 diskon potongan sampai dengan Rp5 juta. Lalu ada Gear Series rakitan 2022 diskon sampai dengan Rp2 juta. Sementara itu, Yamaha Nmax standar rakitan 2022 diskon sampai dengan Rp 1,5 juta. 

Yamaha Deta Bekasi juga menyediakan aplikasi online untuk membeli spareparts motor. Belanja online dengan Yamaha Pegasus sekarang, bisa kunjungi Yamaha Pegasus di Lazada. 

Pihaknya pun memberikan sejumlah promo menarik mulai dari jasa servis hingga penggantian spareparts motor. 

Promo untuk service ada promo Ramadhan diskon jasa servis Rp 20 ribu, kemudian promo diskon spareparts via Lazada 5 persen. Terakhir promo diskon spareparts kategori D hingga 30 persen," ujarnya.

Editor : Lisvi Padlilah