Elon Musk akan Pulihkan Kembali Akun Donald Trump? Sempat Lakukan Jajak Pendapat di Twitter

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Minggu 20 November 2022 23:43 WIB
Elon Musk akan Pulihkan Kembali Akun Donald Trump? Sempat Lakukan Jajak Pendapat di Twitter
Elon Musk akan pulihkan akun Twitter Donald Trump. (Foto: celebrities.id/techcrunch)

JAKARTA, celebrities.id - Beberapa waktu lalu, Bos Twitter baru Elon Musk, mengunggah sebuah polling yang menanyakan apakah Trump diizinkan kembali ke Twitter. Dari polling tersebut, lebih dari 15 juta orang memberikan suara, dengan perolehan 51,8 persen suara yang mendukung pemulihan Trump di Twitter.

Sebagai informasi, pada Juli 2022 lalu saat Twitter mengajukan laporan pendapatan triwulanan terakhirnya, Twitter memiliki 237,8 juta pengguna aktif harian yang bisa dimonetisasi.

Tapi, ketika polling dadakan Elon Musk berakhir pada Sabtu (19/11), hanya sebagian kecil dari basis pengguna yang ikut serta, dalam polling tersebut yang memilih pelarangan akun Trump.

"Orang-orang telah berbicara. Trump akan dipulihkan, vox populi, vox dei," tulis Musk yang mengutip frasa latin yang artinya adalah 'Suara Orang, suara Tuhan'.

Setelah itu, mantan presiden Amerika tersebut pun mengumumkan, bahwa minggu ini akan mencalonkan diri untuk jabatan tertinggi di Amerika Serikat sekali lagi pada tahun 2024.

Sebuah larangan kontroversial Trump terjadi beberapa hari setelah kerusuhan pada 6 Januari di Capitol AS. Di mana para pemberontak berusaha keras untuk membatalkan hasil pemilihan presiden 2020.

"Setelah meninjau Tweet baru-baru ini dari akun @realDonaldTrump dan konteks di sekitarnya, khususnya bagaimana mereka diterima dan ditafsirkan di dalam dan di luar twitter, kami telah menangguhkan akun secara permanen karena risiko hasutan kekerasan lebih lanjut," tulis Twitter pada postingan Blognya Januari 2021 lalu.

Sejak mengambil alih Twitter beberapa minggu lalu, Elon Musk sudah membatalkan penangguhan pada dua akun profil tokoh terkenal dari Twitter, seperti the Babylon Bee dan Jordan Peterson.

Selain  itu, Elon Musk juga mencabut larangannya terhadap Kathy Griffin, seorang komedian yang menyamar sebagai Musk di Twitter.

 

1
/
2