Epidemiolog Sarankan Umrah Ditunda, Gegara Banyak WNI Positif Covid-19 dari Arab Saudi

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Selasa 18 Januari 2022 16:59 WIB
Epidemiolog Sarankan Umrah Ditunda, Gegara Banyak WNI Positif Covid-19 dari Arab Saudi
Praktisi kesehatan minta Umrah ditunda lantaran banyak positif Omicron di Indonesia. (Foto: Kementerian Agama)

JAKARTA, celebrities.id - Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menyarankan agar pemerintah menunda umrah. Ini berkaitan dengan meningkatnya kasus positif Covid-19.

Belum lama ini, dikabarkan 28 jemaah WNI positif Covid-19 usai umrah. Semuanya adalah perwakilan pimpinan agen perjalanan.

"Kalau misalnya dari sisi kondisi Arab Saudi belum ada perbaikan, artinya kasusnya terus meningkat dan belum ada penurunan bahkan sejak awal Januari 2022 atau bahkan dari pertengahan Desember 2021, saya melihat tidak ada dasar lagi memberikan rekomendasi (umrah)," katanya, Selasa (18/1/2022).

Dicky menjelaskan kondisi saat ini, baik di Indonesia maupun di Arab Saudi terlalu berisiko. "Sekalipun protokol kesehatan dan vaksinasi dilakukan, ini tidak begitu berarti," ujarnya.

Pada kasus Omicron, varian Covid-19 tersebut sudah terbukti tidak hanya menyerang mereka yang tidak divaksin, tetapi juga bisa menginfeksi orang yang sudah divaksin. Artinya, kondisi saat ini yang diprediksi akan mengalami lonjakan kasus, terlalu berisiko untuk umrah.

Dicky melanjutkan, kondisi ini perlu dipertimbangkan lagi oleh pemerintah Indonesia dari aspek manfaat dan risikonya di tengah situasi dalam negeri yang menuju puncak di Februari 2022. Pemerintah, katanya, harus segera melakukan analisis risiko. 

 

1
/
2