Eropa Bakal Hemat Vaksinasi Cacar Monyet, Ikuti Langkah Amerika Serikat

Kevi Laras
Kamis 11 Agustus 2022 14:30 WIB
Eropa Bakal Hemat Vaksinasi Cacar Monyet, Ikuti Langkah Amerika Serikat
Eropa Bakal Hemat Vaksinasi Cacar Monyet. (Ilustrasi: Boldsky)

AMERIKA, celebrities.id - Monkeypox atau cacar monyet di dunia kian berkembang. Pejabat kesehatan di Eropa tengah mendiskusikan mengikuti langkah Amerika Serikat untuk menghemat pasokan vaksin cacar monyet

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan masih membutuhkan lebih banyak data untuk itu. Vaksin utama yang diizinkan yaitu Bavarian Nordic, untuk mencegah cacar monyet dan bagian penting dari respons kesehatan masyarakat secara global.

Terkait kebijakan penghematan, ini masih belum dipastikan oleh Badan Obat Eropa (EMA). 

"Badan Obat Eropa (EMA) akan membahas kemungkinan pendekatan hemat dosis," kata juru bicara EMA dilansir CNA, Kamis (11/8/2022).

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, data yang dikumpulkan dalam studi klinis tahun 2015. Menunjukkan bahwa penghematan dosis dapat bekerja tanpa mengorbankan keamanan dan kemanjuran vaksin.

Sementara itu, beberapa pemerintah di Eropa mengambil langkah lain untuk memperpanjang pasokan yang ada. Misalnya, Inggris menawarkan hanya satu suntikan rejimen dua dosis, kepada orang-orang paling berisiko sebagai tindakan sementara. 

Untuk memberikan beberapa perlindungan kepada lebih banyak orang. Namun tidak jelas apakah kedua pendekatan akan menghasilkan perlindungan yang memadai terhadap monkeypox.

 

1
/
2