Fakta-Fakta Pertandingan Final Piala Eropa, Italia Juara, Lahir Banyak Rekor Baru

Rivan Nasri Rachman
Senin 12 Juli 2021 05:27 WIB
Timnas Italia juara Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Inggris. (Foto: celebrities.id)

LONDON, celebrities.id – Laga pamungkas Piala Eropa 2020 melahirkan juara baru setelah Italia berhasil mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti. Dalam partai puncak di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB, kemenangan Italia atas Inggris diwarnai lahirnya sejumlah rekor. 

Luke Shaw yang membuka gol Inggris di menit kedua tercatat sebagai gol tercepat di final Piala Eropa. Adapun Leonardo Bonucci masuk dalam catatan sebagai pemain tertua yang berhasil menceploskan bola ke dalam gawang di partai final.

Banyak data dan fakta yang tersaji di duel klasik Eropa itu. Berikut ini ulasannya seperti dikutip Opta :

- Gol Luke Shaw di menit kedua menjadi yang tercepat di final Piala Eropa. Ini pun jadi yang pertama untuk Timnas Inggris.

- Leonardo Bonucci (34 tahun dan 71 hari) tercatat sebagai pencetak gol tertua di final Piala Eropa. Ia mengalahkan rekor sebelumnya Bernd Holzenbein pada 1976 (30 tahun dan 103 hari).

- Gol yang dibuat Bonucci merupakan yang ke-13 buat Italia di Piala Eropa 2020. Capaian ini menjadi yang tertinggi di Piala Eropa dan Piala Dunia.

- Piala Eropa 2020 menjadi final Kejuaraan Eropa kedua yang diakhiri melalui adu penalti setelah pertandingan tahun 1976.

- Duel melawan Italia adalah penampilan pertama Inggris di final Piala Eropa dan final pertama pula di turnamen besar sejak memenangkan Piala Dunia 1966. Ini adalah momen terpanjang antara final utama untuk negara Eropa mana pun (55 tahun).

- Inggris hanya menang dua kali dari 14 pertemuan terakhir dengan Italia di semua kompetisi, menang 2-0 pada Juni 1997 dan 2-1 pada Agustus 2013, keduanya di ajang persahabatan.

- Inggris hanya kebobolan satu gol dalam permainan terbuka dalam 830 menit, baik Kalvin Phillips dan Declan Rice sama-sama berada di lapangan untuk tim nasional.

 

1
/
2