10 Fakta Gunung Rinjani, Pecinta Alam dan Pegiat Hiking Wajib Tahu!

Ahmad Haidir
Selasa 21 Juni 2022 22:39 WIB
10 Fakta Gunung Rinjani, Pecinta Alam dan Pegiat Hiking Wajib Tahu!
Fakta Gunung Rinjani. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.idFakta Gunung Rinjani wajib diketahui sebelum berencana untuk mengunjunginya. Seperti diketahui, Indonesia terkenal kaya akan sumber daya alamnya dengan berbagai gunung, salah satunya yang cukup terkenal adalah Gunung Rinjani.

Terletak di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), gunung Rinjani tentu tidak asing bagi para pecinta wisata alam dan pegiat hiking atau aktivitas mendaki. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022) berikut ulasannya.

Fakta Gunung Rinjani

1. Terletak di Garis Wallace

Lokasi persis Gunung Rinjani terletak pada area perbatasan garis Wallace, yang merupakan garis pertemuan flora fauna asiatis dan australis dalam perspektif ilmu Geografi. Hal ini membuat gunung ini kaya flora dan fauna. Ada banyak jenis hewan dan tumbuhan unik yang berkembang di sini, di antaranya adalah bunga edelweiss yang unik. Sementara untuk faunanya terdapat lutung budeng, kijang, burung kolibri, hingga trenggiling.

2. Gunung Tertinggi Ketiga di Indonesia

Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 mdpl, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Jayawijaya di Papua dan Gunung Kerinci di Jambi.

3. Dijuluki Gunung Pantai

Tidak seperti gunung pada umumnya, Gunung Rinjani terdiri dari hamparan padang sabana sehingga udara terasa panas untuk ukuran gunung. Hal itu dilengkapi dengan banyaknya tiupan angin kencang yang ada di permukaannya, menjadikan Gunung Rinjani dijuluki gunung pantai karena kemiripan suhu dan iklimnya dengan area pantai.

4. Dianggap Sakral

Masyarakat Lombok menganggap Gunung Rinjani sebagai gunung yang sakral dan memiliki nilai spiritual. Warga setempat percaya bahwa gunung ini adalah pelindung Pulau Lombok. Tak ayal masyarakat Lombok kerap mengadakan upacara adat dan ritual keagamaan di Gunung Rinjani. Bahkan suku Sasak yang merupakan warga asli Lombok membangun rumah dengan menghadapkannya ke arah Gunung Rinjani berada.

 

1
/
2