8 Fakta Jamur Cordyceps pada Serial The Last of Us, Bisa Jadi Booster Energi Atlet

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 25 Januari 2023 16:14 WIB
8 Fakta Jamur Cordyceps pada Serial The Last of Us, Bisa Jadi Booster Energi Atlet
Fakta jamur Cordyceps yang muncul pada serial The Last of Us. (Foto: celebrities.id/Instagram @theshroomshopmalta)

JAKARTA, celebrities.id - Fakta jamur Cordyceps akhir-akhir ini menjadi perbincangan yang hangat setelah viral ‘menginfeksi’ manusia menjadi zombie pada serial film The Last of Us episode 2.¬†

Jamur Cordyceps diketahui banyak hidup pada ulat tertentu di daerah pegunungan tinggi China. Jamur ini juga diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang sel dan bahan kimia tertentu dalam sistem tubuh. 

Serial ini juga diperankan oleh beberapa aktor dan aktris asal Indonesia seperti Yayu Unru dan Christine Hakim serta mengambil beberapa latar belakang tempat di kota Jakarta. 

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (25/1/2023), celebrities.id telah merangkum fakta jamur Cordyceps, sebagai berikut. 

Fakta Jamur Cordyceps

1. Jamur “Zombie” di Serial Film The Last of Us

Jamur Cordyceps dikenal dengan banyak istilah seperti jamur zombie, jamur ulat atau ulat sayur karena bentuknya yang unik. Jamur ini tumbuh pada larva serangga yang diinfeksi oleh spora saat musim gugur dan berkembang selama musim dingin. 

Pada musim semi, jamur membunuh serangga dengan mengambil nutrisi mereka secara perlahan dan tumbuh melalui mulut serangga. Dalam serial film The Last of Us episode 2, diceritakan juga penemuan infeksi jamur Cordyceps yang merubah manusia menjadi zombie. 

2. Bahan Alami Anti-Penuaan 

Banyak orangtua zaman dahulu secara tradisional menggunakan jamur Cordyceps untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kekuatan serta dorongan seksual. Peneliti percaya kandungan antioksidannya juga dapat menjelaskan potensi anti penuaan mereka. 

Studi yang dilansir dari laman Healthline menemukan, bahwa Cordyceps memperpanjang umur lalat buah dan mendukung keyakinan bahwa Cordyceps memiliki manfaat anti-penuaan. Namun, belum diketahui lebih lanjut apakah Cordyceps memiliki manfaat anti penuaan yang sama pada manusia.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
3