Fakta Menarik Qatar, Debut Piala Dunia karena Jadi Tuan Rumah seperti Italia dan Uruguay

Icon CameraAndhika Khoirul Huda
Senin 21 November 2022 06:48 WIB
Fakta Menarik Qatar, Debut Piala Dunia karena Jadi Tuan Rumah seperti Italia dan Uruguay
Fakta menarik Qatar, debut piala dunia karena jadi tuan rumah. (Foto: celebrities.id/Instagram @go.qatar.2022)

DOHA, celebrities.id – Ada banyak fakta menarik dari perhelatan Piala Dunai 2022 Qatar yang resmi dimulai.  

Salah satunya adalah debut negara Timur Tengah itu menjadi yang ketiga setelah Italia dan Uruguay yang debut Piala Dunia karena jadi tuan rumah.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia 2022 Qatar resmi dibuka dengan pertandingan perdana antara tuan rumah kontra Ekuador. Laga grup A tersebut dilangsungkan di Al Bayt Stadium, Al Khor, pada Minggu (20/11/2022) malam WIB yang menjadi debut negara Timur Tengah pertama di piala dunia.

Menurut Twitter @OptaJoe, Senin (21/11/2022), Qatar merupakan negara ketiga yang menjadi debutan Piala Dunia ketika berstatus sebagai tuan rumah. Catatan tersebut sama seperti yang dilakukan Uruguay dan Italia.

Seperti diketahui, Uruguay merupakan tuan rumah edisi perdana Piala Dunia saat kali pertama digelar pada 1930 lalu. Kemudian, Italia juga menjadi debutan di turnamen itu pada edisi selanjutnya, yakni pada 1934 silam.

Sayangnya, Al Annabi –julukan Qatar- gagal meraih kemenangan dalam pertandingan debut mereka di Piala Dunia. Mereka takluk di tangan Ekuador dengan skor 2-0  oleh dua gol yang diborong oleh Enner Valencia pada menit 16 dan 31.

Kekalahan itu pun membuat tiim besutan Felix Sanchez tersebut mengukir sebuah sejarah buruk. Mereka menjadi tuan rumah pertama yang kalah di laga pembuka sejak peraturan negara penyelenggara tampil di pertandingan perdana pada edisi 2006 lalu.

Pada edisi 2006 itu sendiri, tuan rumah Jerman berhasil mengalahkan Costa Rica dengan skor 4-2. Lalu, pada 2010, Afrika Selatan bermain imbang 1-1 dengan Meksiko. Kemudian, pada 2014, Brasil melibas Kroasia 3-1 dan pada edisi 2018, Rusia menang telak 5-0 atas Arab Saudi.

Dengan kekalahan itu, Qatar sementara berada di posisi juru kunci Grup A dengan nol poin. Pertandingan lainnya yang mempertemukan Belanda dan Senegal baru akan digelar pada Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB di Al Thumama Stadium.

Patut ditunggu sejauh mana juara bertahan Piala Asia itu akan melangkah di Piala Dunia 2022 ini. Apakah mereka akan jadi tuan rumah kedua yang gagal lolos dari fase grup Piala Dunia setelah Afrika Selatan pada 2010 lalu atau justru di luar dugaan mengikuti jejak Uruguay dan Italia dengan menjadi juara dalam debut mereka di ajang tersebut.

Editor : Lisvi Padlilah