10 Fakta Unik Brasil, Negara dengan Spesies Tumbuhan dan Hewan Terbanyak di Dunia

Icon CameraAlifia Gita Riani
Kamis 24 November 2022 18:02 WIB
10 Fakta Unik Brasil, Negara dengan Spesies Tumbuhan dan Hewan Terbanyak di Dunia
Fakta Unik Brasil. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Fakta unik Brasil menarik untuk dibahas. Brasil dikenal sebagai negara penggila sepak bola. Negara itu telah memenangkan lima kali Piala Dunia. Selain itu, Brasil juga merupakan negara terbesar kelima di dunia.

Tentunya masih banyak fakta mengenai Brasil yang mungkin belum banyak diketahui. Lantas apa saja itu? Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022), berikut ulasannya.

Fakta Unik Brasil

1. Negara dengan Spesies Tumbuhan dan Hewan Terbanyak di Dunia

Brasil dianggap sebagai juara keanekaragaman hayati global berkat hutan hujan Amazon, hutan Mata Atlantica, kawasan alami Pantanal yang luas, sabana tropis Cerrado, dan berbagai ekosistem perairan yang menjadikan Brasil negara yang unik.

Saat ini Brasil menampung lebih dari 100 ribu spesies hewan dan hampir 45 ribu spesies tumbuhan, dengan total 70% dari katalog spesies tumbuhan dan hewan di dunia.

2. Memiliki Pulau Queimada Grande

Pulau Queimada Grande dikenal sebagai tempat paling mematikan di dunia. Pulau yang terletak di Atlantik dan dikelola oleh Kotamadya Sao Paulo ini diketahui sebagai pulau paling mematikan karena menjadi tempat tinggal para ular.

Pulau Queimada Grande memiliki konsentrasi ular mematikan tertinggi karena terdapat 45 spesies ular berbisa yang berbeda, dengan panjang lebih dari 330 kaki (100m).

3. Warna yang Dikenakan Orang Brasil pada Malam Tahun Baru Memiliki Arti

Brasil memiliki tradisi yang sangat populer dan menjadi ciri khasnya, yaitu mencocokkan warna dengan aspirasi untuk tahun yang akan datang. Biasanya mereka memadukan warnanya dalam pakaian yang sama.

Setiap warnanya pun melambangkan arti yang berbeda. Putih untuk kedamaian, emas dan kuning untuk uang, merah untuk cinta dan gairah, hijau untuk kesehatan dan alam yang baik, oranye adalah untuk pencapaian professional, dan biru untuk harmoni.

4. Bahasa Resmi Brasil adalah Portugis

Brasil adalah satu-satunya negara yang berbicara menggunakan bahasa Portugis. Padahal, biasanya orang Brasil dikenal menggunakan bahasa Spanyol. Hal ini sering menimbulkan kebingungan di antara orang-orang yang baru pertama kali mengunjungi Brasil, mengingat negara-negara tetangganya – Uruguay, Peru, Venezuela, dan Argentina – semuanya berbahasa Spanyol.

5. Sekitar 250 Bahasa Digunakan di Brasil

Meskipun bahasa Portugis adalah bahasa resmi dan sebagian besar penduduk menggunakannya, setidaknya ada 250 bahasa lain di negara ini, yang dituturkan oleh lebih dari 200 ratus penduduk asli. Bahasa asli yang paling umum di Brasil adalah Tucano, Apalaí, Kaingang, dan Kaiwá Guarani.

 

1
/
2