7 Faktor Penyebab Korupsi Bisa Terjadi, dari Internal hingga Eksternal

Icon CameraBertold Ananda
Rabu 25 Januari 2023 13:26 WIB
7 Faktor Penyebab Korupsi Bisa Terjadi, dari Internal hingga Eksternal
Faktor penyebab korupsi bisa terjadi bisa karena faktor internal dan eksternal. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Faktor penyebab korupsi bisa terjadi bisa karena faktor internal dan eksternal. Perbuatan ini dilakukan dengan maksud mendapatkan beberapa keuntungan yang bertentangan dengan kebenaran-kebenaran lainnya.

Sebagian besar kasus korupsi yang terjadi di setiap negara pasti melibatkan pejabat tinggi yang memiliki posisi strategis. Dari kasus korupsi yang terjadi di Indonesia sering kali memunculkan pertanyaan di benak para masyarakat, mengapa pejabat pemerintah masih saja korupsi?

Padahal, melihat kehidupannya sudah enak, mendapat gaji besar, diberikan fasilitas terbaik namun tetap saja korupsi.  Maka dari itu simak beberapa faktor penyebab korupsi melalui ulasan satu ini.

Dilansir dari laman resmi Pusat Edukasi Antikorupsi KPK pada Rabu (25/1/2023), berikut celebrities.id telah merangkum faktor penyebab korupsi bisa terjadi.

Faktor Internal Penyebab Korupsi Bisa Terjadi

1. Gaya Hidup Konsumtif

Faktor pertama penyebab korupsi bisa terjadi karena pengaruh gaya hidup yang konsumtif yang tidak dimbangi dengan gaji memadai. Umumnya gaya hidup tersebut memengaruhi manusia untuk membeli barang-barang branded yang mahal demi mengikuti tren dan fashion kehidupan mewah dan glamor. Oleh karena itu, untuk memenuhinya maka seseorang akan cenderung untuk korupsi.

2. Keserakahan Manusia

Faktor internal kedua penyebab korupsi bisa terjadi karena keserakahan manusia itu sendiri yang sangat tamak. Oleh karena itu, orang akan cenderung menjadi pemuja harta dan tidak lagi mempertimbangkan sifat halal dan harap dalam mencari rejeki.

3. Lemahnya Pendidikan Moral

Salah satu faktor internal terpenting penyebab korupsi bisa terjadi karena lemahnya pendidikan moral. Maka dari itu orang akan sangat tergoda untuk melakukan korupsi dan melupakan aspek kejujuran, rasa malu serta keimanan yang goyah. Moral yang lemah akan mempengaruhi siapa saja untuk korupsi mulai dari atasan hingga bawahan sekalipun.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2