10 Fandom Idol KPop Paling Loyal, Mulai EXO-L hingga Shawol SHINee

Abdul Razak
Senin 04 April 2022 15:44 WIB
10 Fandom Idol KPop Paling Loyal, Mulai EXO-L hingga Shawol SHINee
konser EXO PLANET # 3 EXO‘rDIUM Concert in Seoul 2016. (Foto: celebrities.id/Instagram @exolconcert)

SEOUL, celebrities.id - Fandom Idol KPop paling loyal ternyata tak hanya Army atau Blinks saja. Ternyata, masih banyak boyband dan girlband KPop yang memiliki fandom paling loyal untuk idola mereka. 

Seperti diketahui, genre musik KPop memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Tak heran, para penggemarnya rela melakukan apapun demi membahagiakan sang idolanya sebagai hadiah atas kerja keras sang idol. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (4/4/2022) berikut ini lima sepuluh fandom Idol KPop paling loyal. Kamu termasuk fandom mana?

Fandom Idol KPop Paling Loyal

1. EXO-L - EXO

Seperti yang diketahui, EXO memiliki nama fandom yang bernama EXO-L. Selain itu, EXO juga dipercaya memiliki penggemar terkuat di seluruh Asia, tak heran para penggemarnya sangat loyal ke idol mereka dengan membeli berbagai merchandise dan memberikan berbagai hadiah untuk sang idol.

2. ARMY - BTS

Selanjutnya adalah ARMY yakni fandom resmi BTS yang didirkan pada 2013 silam. Tak tanggun-tanggung, para penggemarnya itu rela mengeluarkan uang puluhan juta untuk merchandise BTS, seperti sticker, tiker konser, dan berbagai hal lainnya. 

3. ELF - Super Junior

Meski sudah jarang tampil lagi, kejayaan Super Junior dari dulu hingga sekarang tak pernah pudar. Bahkan, Super Junior disebut fandom paling setia di dunia KPop. Tak mengejutkan jika para penggemarnya rela memberikan apapun untuk sang idol. 

4. Blinks - BLACKPINK

Siapa yang tak tahu BLACKPINK? Girl band Asia yang berhasil tampil di Coachella, Amerika Serikat ini juga memiliki penggemar yang mendunia. Hal itu diraihnya bukanlah dengan mudah dan tentunya butuh perjuangan yang cukup panjang. Tak heran jika para Blinks rela memberikan apapun yang diinginkan untuk idol mereka, terutama cinta dan dukungan. Pasalnya, pihak agensi yang menaungi girl group beranggotakan empat orang itu, YG Entertainment, melarang blink memberikan hadiah untuk sang idol sejak Oktober 2021.

 

1
/
2