Fantastis! China Vaksin 1 Miliar Rakyatnya dalam 3 Bulan, Intip Rahasia Suksesnya 

Muhammad Sukardi
Selasa 22 Juni 2021 08:02 WIB
Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) mencatat 1.010.489.000 dosis vaksin telah diberikan kepada rakyat China per Sabtu 19 Juni 2021. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id – Pemerintah China menyatakan sudah memvaksin 1 miliar rakyatnya. Angka ini merupakan capaian tertinggi di dunia saat ini. Lantas apa rahasia sukses negeri di balik tirai bambu tersebut? 

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) mencatat detail angkanya ialah 1.010.489.000 dosis vaksin per Sabtu 19 Juni 2021, menurut laporan CNN. Dengan dosis tersebut, China nyaris mencapai 40 persen dari total vaksinasi di seluruh dunia.

Ya, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), 2,62 miliar dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di seluruh dunia dan 1 miliarnya adalah angka yang didapat dari vaksinasi Covid-19 di China.

Pergerakan vaksinasi Covid-19 di China sangat pesat. Padahal, menurut beberapa sumber, China sedikit terlambat dibandingkan Amerika Serikat yang mulai duluan.

Menjadi pertanyaan dan tentunya pembelajaran bagi bangsa Indonesia, apa rahasia cakupan vaksinasi Covid-19 di China begitu besar?

Menurut laporan The Guardian, awal Maret 2021, ketika tingkat vaksinasi Covid-19 di Inggris telah mencapai 30 persen dari populasi, pakar pernapasan terkemuka di China, Zhong Nanshan, mengungkapkan bahwa angka vaksinasi di China baru 3,56 persen.

Rendahnya tingkat vaksinasi Covid-19 di negara dengan populasi 1,4 miliar orang itu membangkitkan gelora pemerintah untuk memasifkan vaksinasi. Terlebih, varian baru Covid-19 semakin menyebar di banyak negara.

Zhong kemudian berjanji bahwa akhir Juni cakupan vaksinasi Covid-19 di China akan mencapai angka 40 persen. "Kami tak punya banyak waktu dan kami masih memiliki pekerjaan lain yang harus diselesaikan," ujarnya.

Tanpa memetakan jalan untuk mencapai 'herd immunity', program vaksinasi massal nasional mulai beraksi tiga minggu setelah janji Zhong tersebut. Setiap provinsi dan kota merancang sendiri program vaksinasi massalnya untuk memcapai target dan saling bersaing.

Produksi vaksinasi juga dipercepat. Pada 1 Februari, hanya 1,5 juta dosis yang diproduksi, tetapi pada 24 Maret, kapasitasnya melonjak menjadi 5 juta dosis per hari. Hingga akhirnya akhir Mei, lebih dari 20 juta orang divaksinasi.

So, berikut ini rahasia di balik tercapainya 1 miliar dosis vaksin Covid-19 di China hanya dalam waktu 3 bulan:

 

1
/
3