Fariz RM Rilis Album Vinyl Peristiwa 77-81, Kenang Perjalanan Karier 40 Tahun Lalu

Sri Lestari Rahayuningtyas
Selasa 26 April 2022 08:07 WIB
Fariz RM Rilis Album Vinyl Peristiwa 77-81, Kenang Perjalanan Karier 40 Tahun Lalu
Fariz RM keluarkan album vinyl Peristiwa ’77-’81. (Foto: celebrities.id/Fariz RM)

JAKARTA, celebrities.id - Fariz Rustam Munaf Β atau dikenal dengan Fariz RM merilis album versi vinyl yang sangat lawas dan melegenda. Hal itu dilakukan karena dia ingin mengenang perjalanan kariernya hingga musiknya dikenal generasi muda saat ini.

“Awalnya sebelum solo, saya banyak menulis lagu untuk penyanyi lain. Untuk Andi Meriem Mattalatta, Rafika Duri & Harvey Malaihollo kemudian (Alm.) Chrisye dan banyak lainnya,” ungkap Fariz RM dalam keterangan tertulisnya kepada celebrities.id, Selasa (26/4/2022).

Fariz RM memulai karier bermusik sebagai penulis lagu. Tak heran jika penyanyi lain lebih banyak menyanyikan lagunya, daripada dia bawakan sendiri.Β 

“Karena saya memulai karir bermusik memang dari menulis lagu,” ujar penyanyi yang kini telah menjajaki usia 63 tahun tersebut.

Apalagi, setelah album "Panggung Perak" yang tercipta, dia memikirkan untuk menyanyikan sendiri lagu ciptaannya. Hal itu seperti membawa peristiwa awal karier bermusik Fariz RM, khususnya pada era 1977 hingga era 1980an.

“Setelah album 'Panggung Perak,' saya mulai berpikir kenapa tidak saya nyanyiin saja lagu-lagu yang saya terbitkan untuk penyanyi lain itu. Namanya 'Peristiwa ’77-’81' karena memang untuk menegaskan bahwa ini jelas awal karier, sebelum Fariz solo album,” ujar Fariz RM.

Album Fariz kali ini terasa berbeda karena dikemas dalam bentuk piringan hitam atau vinyl. Fariz RM mengaku sangat berterima kasih ke label Musica Studios yang telah rela menerbitkan albumnya dalam versi vinyl.

“Merayakan 40 tahun album “Peristiwa ’77-’81”, saya merasa gembira album ini diapresiasi kembali dalam versi vinyl,” kata Fariz RM.

“Saya berterima kasih kepada Musica yang telah menerbitkan vinyl dari album-album masterpiece saya yang saya pandang layak untuk menjadi collector’s item bagi penggemar musik Indonesia dan untuk penggemar Fariz RM khususnya,” lanjut penyanyi berketurunan Belanda, Betawi dan Minang tersebut.

Besar haraparapan Fariz RM dengan dirilisnya vinyl tersebut dapat menjadikan momentum ingatan 40 tahun lalu yang populer dan banyak peminat. Terlebih, vinyl menjadi barang berharga untuk masa kini bisa menemuinya kembali dalam bentuk album.

“Semoga perilisan vinyl ini bisa menjadi momentum untuk mengingat kembali 40 tahun yang lalu bahwa lagu-lagu ini pernah populer dan masih diminati sampai sekarang, serta menjadi collector’s item yang berharga,” tutup Fariz RM.

Editor : Lisvi Padlilah